Presiden Dewan Internasional untuk Usaha Kecil atau International Council for Small Business (ICSB) Ahmed Osman (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Presiden Dewan Internasional untuk Usaha Kecil atau International Council for Small Business (ICSB) Ahmed Osman (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)

ICSB: Bisnis UKM di Indonesia Menjanjikan

Ekonomi pertumbuhan ekonomi wirausaha dunia usaha umkm ekonomi indonesia
Ilham wibowo • 21 Agustus 2019 07:15
Jakarta: Produk buatan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Tanah Air diyakini bisa sukses hingga menembus pasar mancanegara. Hal ini diakui Presiden Dewan Internasional untuk Usaha Kecil atau International Council for Small Business (ICSB) Ahmed Osman.
 
Menjadi wirausaha merupakan pekerjaan yang menjanjikan saat ini. Pengusaha sukses asal Mesir ini menyarankan anak muda Indonesia perlu segera belajar berbisnis meskipun dimulai dengan sekala kecil.
 
"Saya lihat produk UKM di Jakarta, saya pikir ini bisa maju ke berbagai negara dan berkelanjutan. Setiap anak muda seharusnya bisa belajar dan bisa membuka manajemen bisnis meskipun kecil," kata Ahmed, ditemui di MarkPlus Main Campus, Jakarta Selatan, Selasa, 20 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi pemula yang ingin menggeluti usaha, kata Ahmed, perlu banyak mengetahui pengalaman dari suksesor UKM yang ada. Komunikasi dengan banyak orang untuk menjual produk andalan juga jadi kunci sukses tersendiri.
 
"Pekerja mandiri adalah kunci di masa depan, setelah tamat sekolah tidak cari pekerjaan lagi dan itu sangat baik," ungkapnya.
 
Penciptaan inovasi produk UKM di Indonesia diakui memiliki ciri khas yang bisa merambah pasar global. Direktur Pelaksana Jaringan Kewirausahaan Global di Mesir (Global Entrepreneurship Network in Egypt/GEN Mesir) ini menuturkan diperlukan konsistensi agar pengembangan produk bisa berkelanjutan.
 
"Banyak yang memiliki ide cemerlang tapi tidak dapat meraih pasar, tapi karena mereka hanya memiliki ide yang cemerlang dan itu bukan ide untuk bertahan di jangka panjang," ungkapnya.
 
Bisnis UKM dinilai merupakan solusi untuk mengurangi angka pengangguran di negara dengan populasi besar seperti Indonesia yang masih memiliki jutaan masyarakatnya dengan masalah ekonomi. Setiap tahun lulusan sekolah maupun universitas bermunculan dan terus bertambah tanpa bekal berbisnis.
 
"Indonesia bekerja sangat bagus dengan pengalaman di bidang properti, saya pikir bisnis kecil saatnya mencari peluang ekspor di negara baru seperti produk furniture, kerajinan tangan juga saat ini siap untuk ekspor dari pelaku UKM Indonesia," ujarnya.
 
Bisnis UKM pun dinilai tepat bagi anak muda saat dihadapkan dengan pelemahan ekonomi global. Peluang kerja di lembaga pemerintahan semakin sempit. Begitu pula perusahaan swasta yang beberapa di antaranya sulit berkembang menghapi tekanan global.
 
"Saat ini populasi anak muda ada 1,8 miliar jiwa dari seluruh populasi dunia butuh pekerjaan. Sekarang sektor pemerintahan mulai mengurangi kebutuhan pegawainya, begitu juga dengan sektor swasta karena melemahnya ekonomi dunia," pungkasnya.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif