Menko Maritim Luhut Pandjaitan (tengah). (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Menko Maritim Luhut Pandjaitan (tengah). (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Persiapan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia Sudah 94%

Ekonomi imf-world bank
Eko Nordiansyah • 17 September 2018 13:45
Jakarta: Indonesia siap melaksanakan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia Oktober 2018. Sebulan jelang pelaksanaan pertemuan tahunan itu pada 8 hingga 14 Oktober, kesiapan Indonesia telah mencapai 94 persen.
 
"Sekarang kesiapannya sudah 94 persen," kata Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia Luhut Binsar Panjaitan dalam Forum Merdeka Barat 9, di Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Senin, 17 September 2018.
 
Dirinya menambahkan, Pertemuan Tahunan di Bali merupakan momentum untuk mempromosikan Indonesia. Apalagi Indonesia memiliki kondisi perekonomian yang cukup baik di tengah tekanan global.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Juga dunia banyak yang belum tahu Indonesia sebesar apa. Ini momentum bagus menjual Indonesia, mempromosikan Indonesia dari timur ke barat dengan 750 pulau. Ekonomi kita kuartal II kemarin 5,7 persen, PDB kita USD1,1 triliun," jelas dia.
 
Menurut Luhut, Indonesia dalam kondisi yang siap menyelenggarakan pertemuan tersebut. Bahkan institusi keuangan dunia, lanjut dia, mengakui kemampuan Indonesia memitigasi berbagai risiko termasuk penguatan dolar Amerika Serikat (AS).
 
Selain itu, Bali secara khusus juga mempersiapkan diri guna suksesnya pelaksanaan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia. Beberapa infrastruktur sudah siap digunakan untuk menampung para tamu undangan yang diprediksi mencapai 18.900 delegasi dari 189 negara.
 
"Nah buahnya tanpa kita sadari perbaikan infrastruktur, khususnya pariwisata di Bali. Kita bikin underpass, kita perlebar lapangan terbang, sehingga jumlah penumpang yang datang akan bertambah besar," pungkasnya.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif