Kopi Bengkulu Siap Mendunia
Disperindag dorong kopi Bengkulu ke pasar internasional. (FOTO: dok ist)
Jakarta: Generasi muda alias milenial menjadi "sasaran empuk" bagi para pebisnis untuk mengembangkan usahanya. Apalagi bila berhubungan dengan kopi.

Siapa sangka melalui secangkir kopi, para pemuda bisa menghasilkan karya-karya seni kreatif yang bisa membanggakan bangsa Indonesia. Melihat itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bengkulu menggenjot keeksotisan kopi Bengkulu ke pasar internasional.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu Lierwan mengungkapkan Indonesia memiliki banyak varietas unggul kopi. Salah satunya adalah kopi dari Bengkulu yang merupakan kopi terbaik di Indonesia Youth Expo and Festival 2018.

"Festival ini diikuti 20 kabupaten/kota yang masuk dalam nominasi kabupaten atau kota layak pemuda Indonesia. Ini jadi sarana tepat untuk mengenalkan kota Bengkulu sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia," kata dia dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat, 2 November 2018.

Dia melihat, saat ini bukan pemandangan aneh apabila banyak pemuda menghabiskan waktunya di kedai kopi. Dirinya pun berharap anak muda yang bercengkrama ditemani secangkir kopi bisa melahirkan ide dan hal-hal positif.

Konsistensi ingin mengenalkan produk kopi Bengkulu sampai ke pasar internasional, membuat Disperindag Bengkulu melakukan promo milenial. Selain membuat serangkaian kegiatan road show kopi Bengkulu di Jakarta dan Yogyakarta, juga memberikan edukasi kepada masyarakat umum dengan mengadakan pameran.

"Hal itu kami lakukan karena belum banyak kalangan masyarakat yang mengetahui bahwa kopi varian robusta di Bengkulu memiliki cita rasa khas yang memberi kenikmatan tersendiri bagi para pencinta kopi," jelasnya.

Dia menambahkan tak hanya ingin mengenalkan kopi Bengkulu sampai ke pasar internasional, tetapi juga ingin para pelaku usaha kopi untuk melek digital. Oleh karena itu Disperindag Bengkulu akan melakukan pembinaan terhadap pelaku kopi melalui pelatihan kopi berlisensi.

"Tak ketinggalan kami juga akan melakukan pelatihan pengemasan kopi Bengkulu dengan packaging yang modern tapi ramah lingkungan," tutupnya.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id