Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto : MI/Susanto.
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto : MI/Susanto.

Jadi Mentan, Yasin Limpo Janji Batasi Impor Pangan

Ekonomi kementerian pertanian Kabinet Jokowi-Maruf
Desi Angriani • 23 Oktober 2019 15:18
Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Yasin Limpo berjanji akan membatasi impor pangan selama membawahi Kementerian Pertanian. Ia berjanji mendorong swasembada dan ketahanan pangan nasional.
 
"Secara bertahap, pelan, kita berharap masalah impor bisa kita atasi. Bahkan, kalau memang tidak sangat mendesak impor kita hindari," katanya, seusai dilantik di Istana Negara, Kompleks Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Demi mengurangi impor, Yasin dalam seratus hari pertama akan menyeragamkan data antara Kementerian Perdagangan dengan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog). Selama ini kisruh impor kerap dilatarbelakangi persoalan perbedaan data.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Satu bulan pertama sampai 100 hari menyamakan data. Tidak boleh ada dua sampai tiga data. Kita harus punya data yang persis, valid, data yang kita sepakati bersama," ungkap dia.
 
Ia berharap Kementerian Pertanian di bawah kepemimpinannya dapat mendorong sektor pertanian menjadi lebih maju, mandiri dan modern. Khususnya kebutuhan pangan nasional dapat terjaga dengan harga terjangkau.
 
"Kita berharap kebutuhan pangan kita terjangkau," pungkas dia.
 
Sebelum ditunjuk sebagai Mentan, kader Nasdem ini berkiprah di dunia politik. Ia menjabat Gubernur Sulawesi Selatan sebanyak dua periode dan Bupati Kabupaten Gowa selama dua periode.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif