Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Pengamat: Muruah Garuda Indonesia Harus Dijaga

Ekonomi garuda indonesia
Achmad Zulfikar Fazli • 11 Juli 2019 18:14
Jakarta: Berbagai isu yang menyerang PT Garuda Indonesia (Persero) dinilai mengganggu kinerja maskapai berpelat merah itu. Semua pihak diminta untuk dapat menjaga muruah Garuda Indonesia sebagai simbol penerbangan nasional yang membawa nama negara, bukan mengintervensi.
 
"Hentikan cara-cara mengusik Garuda Indonesia. Jangan sampai ada pihak-pihak yang mengganggu kerja Garuda Indonesia," kata peneliti Indonesia Publik Institut (IPI), Karyono Wibowo, di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Dia mengingatkan Garuda Indonesia bukan penerbangan swasta, tapi BUMN. Garuda Indonesia juga melayani rute penerbangan internasional. "Posisi Garuda harus diperkuat," tegas dia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, kata dia, Garuda Indonesia juga harus berupaya meningkatkan kinerjanya. Apalagi, menghadapi revolusi industri 4.0. Berbagai terobosan termasuk digitalisasi sepatutnya dilakukan sepanjang on the right track dengan regulasi penerbangan.
 
Baca:Dinilai Gagal Pimpin Garuda, Ari Ashkara Didesak Dicopot
 
Menurut dia, langkah Garuda Indonesia bekerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi justru harus diapresiasi. Bukan malah dihalangi apalagi dibatalkan.
 
"Ini jelas salah kaprah, dan malah bentuk intervensi corporate action yang akan menghancurkan kredibilitas dan masa depan Garuda," ujar dia.
 
Karyono mengatakan memperkuat Garuda Indonesia keniscayaan. Muruah Garuda Indonesia wajib dipertahankan. Khususnya, menghadapi liberalisasi segala bidang termasuk penerbangan.
 
Menurut dia, berbagai terobosan out of the box yang dilakukan wajib didukung. Dia meminta agar tidak ada pihak asing yang mencoba mengeruk untung terselubung di dalam korporasi Garuda.
 
"Ini jelas cara-cara yang tidak patut dan akan menjadi catatan kelam perjalanan BUMN kebanggaan bangsa ini," pungkas dia.

 

(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif