Pertamina. MI/SAFIR MAKKI.
Pertamina. MI/SAFIR MAKKI.

PLN dan Pertamina Siap Tampung Pekerja Asli Papua

Ekonomi bumn
Annisa ayu artanti • 11 September 2019 17:20
Jakarta: Dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) siap memberdayakan masyarakat asli Papua dalam menjalankan kerja perusahaan.
 
Vice President Public Relations Corcom PT PLN Dwi Suryo Abdullah mengatakan pada 2019 ini perusahaan memberikan tiga jalur spesial untuk masyarakat Papua supaya bisa bekerja di perusahaan tersebut.
 
"Pertama direct shoping untuk orang asli Papua, kerja sama D3 dengan Universitas Cendrawasih, dan beasiswa D3 dan S1 politeknik Ujung Pandang," kata Dwi kepada Medcom.id, di Jakarta, Rabu, 11 Sepetember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dwi juga menjelaskan sejauh ini sudah banyak orang asli Papua yang bekerja di lingkungan kerja PLN. Bahkan ada yang menduduki jabatan struktural.
 
"Ada banyak yang kerja di kami. Ditugaskan di sana, asli Papua dengan jabatan struktural," sebut Dwi.
 
Pihak PLN tidak merinci berapa alokasi orang Papua yang akan diberdayakan tahun ini. Sesuai perintah Presiden Joko Widodo, katanya, perusahaan akan menyerap dan memberdayakan masyarakat asli Papua.
 
Senada dengan PLN, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan perusahaan belum bisa menentukan alokasi atau jumlah masyarakat Papua yang bakal bekerja di Pertamina.
 
"Ya intinya kami akan mendukung arahan pemerintah seperti apa. Untuk alokasi kami lihat dulu dan sesuaikan dengan kebutuhan yang ada didaerah terdekat," kata Fajriyah kepada Medcom.id.
 
Sejauh ini, ia juga mengatakan, perusahaan migas pelat merah tersebut selalu memberdayakan masyarakat lokal di daerah operasi, begitu juga di Papua.
 
"Kami juga menyerap tenaga lokal dalam daerah operasi kami. Papua juga sama dengan daerah lainnya," ucap Fajriyah.
 
Saat membuka lowongan kerja Pertamina, lanjut Fajriyah, perusahaan tidak memandang suku dan daerah. Semua orang bisa melamar bekerja di Pertamina.
 
Sebelumnya, usai bertemu dengan tokoh Papua pada Selasa, 10 September 2019 Presiden Joko Widodo menjanjikan 1.000 mahasiswa asal Papua yang baru lulus akan dipekerjakan di perusahaan BUMN.
 
Jokowi juga meminta perusahaan BUMN dan perusahaan swasta besar juga menerima mahasiswa lulusan Papua tersebut.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif