Ilustrasi (ANTARA FOTO/Ampelsa)
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Sulut Ekspor Ikan Kayu ke Jepang

Ekonomi perikanan ikan
01 Februari 2016 09:52
medcom.id, Manado: Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali mengekspor puluhan ton ikan kayu ke Jepang karena permintaan negara tersebut yang cukup tinggi. Diharapkan permintaan ini bisa terus meningkat dan mendorong kenaikan ekspor di waktu-waktu mendatang.
 
"Di awal tahun kami mengekspor ikan kayu ke Jepang sebanyak 22,4 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 15,40 juta yen," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Senin (1/2/2016).
 
Jenny mengatakan pengiriman ikan kayu ke Jepang tersebut dilakukan sebanyak dua kali di Januari 2016. Dirinya berharap permintaan ikan kayu ke Jepang akan tetap tinggi bahkan akan menyebar hingga ke negara-negara lain baik di Asia, Eropa maupun Amerika.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ikan kayu diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan ikan yang sangat keras dan mampu bertahan cukup lama," jelasnya.
 
Jepang, lanjutnya, sangat meminati ikan kayu asal Sulut karena selain dijadikan bahan makanan juga untuk bahan baku penyedap rasa makanan yang organik tanpa kandungan bahan kimia. "Selain dijadikan penyedap rasa makanan yang sangat bekualitas juga sebagai bahan baku wangi-wangian," tuturnya.
 
Ia menilai, ikan kayu dari ikan cakalang ini sangat diminati masyarakat Jepang dan harus dimanfaatkan dengan baik oleh nelayan dan pengekspor asal Sulut. "Nelayan dan pengekspor Sulut harus lebih inovatif dalam menghasilkan produk dan harus sesuai dengan permintaan buyers atau pembeli luar negeri," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif