Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani).
Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani).

Bos BCA: Fintech Bukan Ancaman

Ekonomi bca
Nia Deviyana • 26 April 2019 08:58
Jakarta: Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaadmadja tidak menganggap kehadiran financial technology (fintech), terutama peer to peer lending (P2P) sebagai ancaman. Malahan, ujar dia, kehadiran fintech dapat memperluas cakupan bisnis bank.
 
Dia menjelaskan kehadiran fintech justru mendorong transaksi di BCA karena pembayaran utang nasabah juga menggunakan transfer bank.
 
"Transaksi di internet banking menjadi kencang," ujarnya usai memaparkan laporan kinerja perusahaan triwulan I-2019 di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis, 25 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begitupun dengan hadirnya dompet digital seperti OVO dan Go-Pay. "Kalau Anda isi Go-Pay, contohnya, itu kan dikenakan biaya Rp1.000 ya," imbuhnya.
 
Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani sebelumnya menilai perbankan harus cerdik dalam menghadapi tantangan tahun ini.
 
Aviliani menuturkan bank harus mengubah bisnis modelnya menjadi digital. Pasalnya, penggunaan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tergantikan oleh penggunaan mobile banking yang transaksinya semakin tinggi.
 
"Kalau bank enggak digital maka ROE-nya (return on equity) akan jatuh 18 persen. Sebaliknya kalau mampu menjadi digital bank, akan naik 18 persen," kata dia.
 
ROE merupakan jumlah imbal hasil dari laba bersih terhadap ekuitas dan dinyatakan dalam bentuk persen. ROE digunakan untuk mengukur kemampuan suatu badan usaha dalam menghasilkan laba dengan bermodalkan ekuitas yang sudah diinvestasikan pemegang saham.
 
ROE BCA hingga Desember 2018 tercatat sebesar 18,8 persen.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif