Kepala Departemen Komunikasi Onny Widjanarko. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Kepala Departemen Komunikasi Onny Widjanarko. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

BI Optimistis Kredit Konsumsi Meningkat di Triwulan II

Ekonomi bank indonesia
Nia Deviyana • 02 Mei 2019 19:04
Jakarta: Bank Indonesia (BI) membenarkan terjadi perlambatan kredit konsumsi pada triwulan I-2019.
 
Menurut Kepala Departemen Komunikasi Onny Widjanarko, hal tersebut dipengaruhi penggalangan dana pihak ketiga (DPK) yang cenderung melambat.
 
"Kredit konsumsi melambat pada triwulan I-2019 itu benar. Tapi pada triwulan 2-2019 diperkirakan akan meningkat," ujar Onny saat konferensi pers, di Gedung BI, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk meningkatkan pertumbuhan kredit, tambah Onny, bank tidak hanya bertumpu pada DPK, tetapi juga bisa mengandalkan aset atau likuiditas. Onny menuturkan masih banyak bank yang memiliki likuiditas cukup longgar.
 
"Dari sisi likuiditas, untuk bank yang memungkinkan, masih dapat disisihkan untuk dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kredit," imbuhnya.
 
Berdasarkan catatan BI, kredit konsumsi pada Maret 2019 tumbuh 8,9 persen secara tahunan atau year on year (yoy). Angka ini melambat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 9,6 persen (yoy).
 
Perlambatan kredit bersumber dari Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), dan Kredit Multiguna.
 
Sejalan dengan pertumbuhan total kredit, pertumbuhan kredit properti pada Maret 2019 melambat dari 17,9 persen (yoy) menjadi 17,1 persen, didorong perlambatan kredit KPR dan KPA sebesar 13,2 persen (yoy) pada Maret 2019.
 
"Selain itu kenapa kami juga optimistis akan ada peningkatan kredit ke depan, karena kalau dilihat setiap akhir triwulan III selalu ada tanda-tanda permintaan kredit pada sektor kendaraan bermotor," pungkas Onny.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif