Pemerintah Sudah Kucurkan Rp2,1 Triliun untuk Pemulihan Bencana
Bantuan bagi Bencana Palu. Dok: Kemenkeu.
Lombok Barat: Pemerintah sudah menggelontorkan dana sebesar Rp2,1 triliun untuk proses pemulihan bagi daerah terdampak bencana, baik Lombok maupun Palu dan sekitarnya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani juga menegaskan pemerintah sudah mengeluarkan seluruh dana penanggulangan situasi darurat bencana. Demikian juga dana bantuan pemulihan rumah tahap pertama, sudah dicairkan bagi 23 ribu rumah terdampak bencana di Sulawesi Tengah.

"Sekarang sedang diproses untuk 19 ribu seratusan. Itu semua untuk bantuan perumahan seperti yang disampaikan oleh Pak Presiden, Pak Wapres, dilakukan bertahap. Untuk yang rusak berat Rp50 juta, yang sedang Rp25 juta. Jumlah keseluruhan uang yang sudah digelontorkan pemerintah pusat Rp2,1 triliun," jelas Menkeu, saat kunjungan ke daerah terkena bencana di Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, dikutip dari laman IMF Press Center, Senin, 8 Oktober 2018.

Menkeu menambahkan kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan kepada rakyat NTB bahwa pemerintah pusat tetap memberi perhatian penuh terhadap mereka yang menjadi korban gempa pada pertengahan Agustus lalu.

"Ini sekaligus menyampaikan ke seluruh rakyat NTB bahwa pemerintah pusat terus mendukung walaupun kita sedang menggelar agenda IMF-World Bank," tambah dia.

Sri Mulyani mengawali gelaran pertemuan tahunan IMF-World Bank dengan memberikan bantuan kepada korban yang terkena bencana gempa Lombok. Menkeu bersama Menko Maritim sekaligus Ketua Panitia Nasional AM IMF-World Bank Luhut Pandjaitan, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, serta Managing Director IMF Christine Lagarde.

Bank Indonesia (BI) menyerahkan bantuan rehabilitasi bangunan dan sarana prasarana kepada lima masjid serta dua sekolah di wilayah Lombok Barat, Lombok Utara, dan Mataram. Sementara Menko Luhut menyerahkan sumbangan penanggulangan bencana dan baju seragam untuk dua sekolah dasar di Lombok.

Sementara Managing Director IMF Christine Lagarde menyerahkan bantuan dari manajemen daan staf IMF yang ingin ikut meringankan beban warga Lombok.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id