Wakil Ketua Komisi IX Saleh Partaonan Daulay. (Foto: MI/ M Irfan)
Wakil Ketua Komisi IX Saleh Partaonan Daulay. (Foto: MI/ M Irfan)

Komisi IX Pantau Polemik Pemberhentian Pekerja Krakatau Steel

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 05 Juli 2019 19:42
Jakarta: Komisi IX DPR memantau polemik yang menimpa karyawan PT Krakatau Steel Tbk. Sebanyak 800 karyawan yang mayoritas outsourching di perusahaan baja plat merah itu terancam dirumahkan per 1 Agustus 2019.
 
Wakil Ketua Komisi IX Saleh Partaonan Daulay menyampaikan, meski belum ada laporan dalam waktu dekat pihaknya berinisiatif memanggil pihak terkait.
 
"Mudah-mudahan kalau ada waktu kosong, Komisi IX inisiati akan panggil lah," kata Saleh di Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus PAN itu pun mengingatkan agar polemik tersebut bisa diselesaikan sesuai aturan yang berlaku. Jangan sampai hak pekerja diabaikan oleh pihak perusahaan.
 
"Harus dipenuhi lah sesuai aturan berlaku sebagaimana karyawan biasa yang bukan outsourcing. Kalau mereka mau memberhentikan ya pakai aturan itu lah, kan sulit sekali kalau tidak ada pesangon karena mereka juga punya keluarga," ujar dia.
 
Seperti diketahui, ribuan pekerja PT Krakatau Steel Tbk menggelar unjuk rasa di depan pabrik Cilegon, Banten. Mereka menuntut kejelasan terkait wacana pemutusan hubungan kerja (PHK) per 31 Agustus 2019.
 
Pihak PT Krakatau Steel Tbk menyebutkan, langkah tersebut merupakan bagian restrukturisasi. Hal itu dilakukan untuk menyelamatkan keuangan perusahaan baja plat merah itu karena terus merugi dalam tujuh tahun terakhir.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif