Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar. Foto: Ilham Wibowo
Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar. Foto: Ilham Wibowo

Bank Mandiri Optimistis Ekspansi ke Asia

Ekonomi bank mandiri
Ilham wibowo • 24 Januari 2020 14:23
Jakarta: Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar memastikan pihaknya serius untuk melebarkan sayap bisnis di regional Asia Tenggara hingga Asia. Langkah ini dilakukan karena perusahaan melihat peluang yang lebih baik berbisnis di luar negeri.
 
"Ada beberapa di Indochina seperti Vietnam, Kamboja, termasuk Korea, kami akan lihat potensi itu mana yang paling menarik," kata Royke ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Januari 2020.
 
Meski demikian, tambah Royke, rencana ekspansi ini masih dalam bentuk kajian internal. Fokus yang akan menjadi projek pengembangan yakni bisnis retail banking.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Enggak harus besar, mulai dari yang kecil pun kalau kami yakin itu bisa tumbuh, bisa bikin bisnis modelnya tumbuh bagus, kami lakukan," ujarnya.
 
Royke juga belum bisa memastikan ekspansi ini akan membuat bank baru atau akuisisi bank di negara tujuan. Seluruh opsi akan menjadi pertimbangan yang terbaik untuk optimalisasi kinerja.
 
"Artinya bisa lebih banyak, bisa kita lihat apakah mau joint ventures atau akuisisi bank, lihat kemampuan kita juga kan, engak bisa kami mau akuisisi tanpa kemampuan dan sinerginya terjadi," ujarnya.
 
Kepastian waktu rencana ekspansi tersebut akan dieksekusi belum diumumkan lantaran mesti memperhitungkan risiko dan potensi secara detail. Untuk jangka menengah, Bank Mandiri masih fokus bisnis dalam negeri masih jauh lebih optimal.
 
"Harusnya nilainya bisa lebih dari apa yang ada sekarang, harus diprediksi dengan bisnis exist sekarang, dengan kita akuisisi atau joint ventures juga harus create value yang cukup sehingga ujungnya shareholder menikmati," ucapnya.
 

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif