Ketua Bidang Marketing & Komunikasi AAJI Wiroyo Karsono. Medcom/Angga B.
Ketua Bidang Marketing & Komunikasi AAJI Wiroyo Karsono. Medcom/Angga B.

Kuartal II-2019 Melambat, AAJI Catat Pendapatan Premi Rp90,25 triliun

Ekonomi asuransi jiwa
Angga Bratadharma • 11 September 2019 16:14
Jakarta: Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat total klaim dan manfaat yang dibayarkan oleh industri asuransi jiwa pada kuartal II-2019 mencapai sebesar Rp65,77 triliun. Pencapaian itu naik 8,21 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar Rp60,78 triliun.
 
Ketua Bidang Marketing & Komunikasi AAJI Wiroyo Karsono mengungkapkan klaim nilai tebus (surrender) tumbuh sebanyak 3,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni sebesar Rp36,07 triliun. Klaim ini memiliki proporsi terbesar di dalam pembayaran klaim dan manfaat yakni sebanyak 54,8 persen.
 
Sedangkan klaim penarikan sebagian (partial withdrawal) meningkat sebanyak 1,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama di 2018 menjadi sebesar Rp4,58 triliun dan berkontribusi sebesar 13,3 persen. Sementara klaim akhir kontrak memiliki kontribusi sebesar 12,4 persen dan mengalami peningkatan sebanyak 1,0 persen dibandingkan dengan kuartal kedua 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tingginya kenaikan pada klaim akhir kontrak menunjukkan bahwa semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berasuransi dan berinvestasi dalam jangka panjang," ungkap Wiroyo, dalam konferensi pers kinerja industri asuransi jiwa kuartal II-2019, di Rumah AAJI, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.
 
Selanjutnya, tambahnya, klaim kesehatan (medical), meningkat 10,7 persen menjadi Rp5,22 triliun. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya klaim kesehatan perorangan sebesar 5,0 persen dan klaim kesehatan kumpulan sebesar 15,5 persen. Proporsi dari klaim medical adalah 56,4 persen dari produk asuransi kesehatan kumpulan.
 
"Dan 43,6 persen berasal dari produk asuransi kesehatan individu," ucap Wiroyo.
 
Lebih lanjut, masih kata Wiroyo, komitmen AAJI dan seluruh anggotanya adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi para nasabah untuk membayarkan klaim, nilai tunai penyerahan polis, anuitas dan manfaat lainnya dengan cepat. "Untuk itu, kepatuhan dalam membayarkan klaim dan manfaat sesuai polis menjadi syarat utama," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif