Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro. Foto : Medcom.
Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro. Foto : Medcom.

Wamen Bisa Atasi Rumitnya Proses Kebijakan Melalui Birokrasi

Ekonomi Kabinet Jokowi-Maruf ekonomi indonesia
Nia Deviyana • 28 Oktober 2019 16:30
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk 12 wakil menteri (wamen) ekonomi dalam Kabinet Indonesia Maju. Keberadaan wamen dinilai positif agar program kerja menteri bisa terealisasi cepat dan optimal.
 
Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mengatakan keberadaan wamen justru bisa mengatasi permasalahan berbelitnya birokrasi. Ari bilang wamen harus diprioritaskan untuk menangani tugas khusus.
 
"Siatemnya gugus tugas, misalnya melobi supaya Eropa tidak mengenakan larangan terhadap kelapa sawit. Kalau tugas ini selesai, tangani masalah lain lagi yang sifatnya kalau diselesaikan oleh induk lama karena harus melewati birokrasi," ujarnya saat dihubungi Medcom.id, Senin, 28 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ari pun menilai jumlah wamen yang ditunjuk Presiden Jokowi sudah pas sehingga tidak akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
"Saya rasa ada kementerian-kementerian yang memang butuh wamen. Saat ini ada 12 wamen tidak akan membebani APBN. Kecuali 34 menteri punya wamen, itu gemuk sekali," tuturnya.
 
Sebelumnya, hal senada dikatakan Direktur Anggaran Kementerian Keuangan Askolani. Dia memastikan tidak ada pos khusus untuk pengelokasian anggaran bagi wamen. Adapun anggaran untuk gaji serta tunjangan sama seperti yang tertera dalam pagu di masing-masing kementerian dan lembaga (K/L).
 
Askolani mengatakan susunan APBN tahun anggaran 2019 dan 2020 memang belum memasukkan keberadaan 12 wamen. Namun, ia menyebut hal itu bisa disiasati dengan menyisipkan anggaran di tiap kementerian dan lembaga yang punya struktur wamen tanpa merombak APBN.
 
"Bisa menggunakan pagu anggaran yang sudah ada di masing-masing kementerian atau lembaga," jelas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif