Menpar: Pariwisata akan Jadi Penyumbang Devisa Terbesar di 2019

Annisa ayu artanti 16 Agustus 2018 15:40 WIB
pariwisata
Menpar: Pariwisata akan Jadi Penyumbang Devisa Terbesar di 2019
Pariwisata Indonesia. MI/Galih P.
Jakarta: Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan sektor industri pariwisata akan menjadi penyumbang devisa terbesar di 2019. Hal itu dikatakan Menteri Pariwisata Arif Yahya lantaran dari tahun ke tahun capaian devisa dari sektor pariwisata terus mengalami peningkatan. Pada 2016 capaian devisa dari sektor pariwisata tercatat USD13,5 miliar. Lalu di 2017 tercatat USD15 miliar dan tahun ini ditargetkan USD17 miliar.

"Pariwisata karena diketahui industri pariwisata industri paling mudah dan murah untuk dapatkan devisa," kata Arif di Komplek Parlementer, Senayan, Jakarta, Kamis, 16 Agustus 2018.

Kemudian, lanjut Arif pada 2019 ditargetkan devisa dari sektor ini mencapai USD20 miliar. JIka target tersebut tercapai maka industri pariwisata akan menjadi penyumbang devisa terbesar. "Ketika USD20 miliar maka diharapkan pariwisata sudah menjadi penghasil devisa terbesar," ujar dia.

Untuk mencapai target tersebut, Arif menambahkan, pemerintah akan fokus pada pemasaran, pengembangan destinasi baru, dan penyediaan sumber daya manusia (SDM). "Tahun ini diharapkan tumbuh 20 persen namun sampai Juni tumbuh 14 persen. Baru dapat 7,5 juta dari harapan 17 juta," pungkas dia.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id