BI Siapkan Titik Penukaran Uang di Jalur Mudik
Illustrasi. ANT/Zabur Karuru.
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyiapkan titik-titik penukaran uang tunai di jalur mudik menjelang lebaran. Pasalnya penukaran uang di Jabodetabek hanya terdapat di 160 titik, sehingga nantinya masyarakat tetap terlayani.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan, penukaran uang di IRTI Monas dilangsungkan hingga 25 Mei mendatang. Sementara itu, BI tetap melayani penukaran di berbagai titik sampai dengan 5 Juni.

"Kita melakukan penukaran ini sampai H-3 di hari kerja atau sampai tanggal 5. Setelah tanggal 5 kita bergeser ke wilayah-wilayah mudik," kata dia ditemui di IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Mei 2018.

Selain itu, BI bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Dalam Negeri yang ada di berbagai daerah. Bank sentral juga meningkatkan layanan kas kepada stakeholders, serta kerja sama layanan penukaran dengan perbankan dan pihak lainnya. 

"Agar kenyamanan dan keamanan penukaran uang dapat terjaga, masyarakat diimbau untuk menukar uang di tempat-tempat penukaran resmi, baik yang diselenggarakan oleh BI, perbankan maupun pihak lain yang ditunjuk oleh BI," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, masyarakat juga diharapkan berhati-hati dalam melakukan transaksi dengan meneliti ciri-ciri keaslian uang. Masyarakat bisa menggunakan metode 3D yakni Dilihat, Diraba, Diterawang untuk menghindari uang palsu. 

"Untuk memudahkan mengenali keaslian uang rupiah, masyarakat agar senantiasa menjaga dan merawat rupiah dengan baik melalui metode lima Jangan, yaitu Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi," pungkasnya.




(SAW)