Alipay Dok : AFP.
Alipay Dok : AFP.

Bank Indonesia Proses Perizinan Alipay di Indonesia

Ekonomi bank indonesia ekonomi indonesia fintech
Desi Angriani • 17 Januari 2019 21:11
Jakarta: Bank Indonesia (BI) akhirnya memproses izin operasi platform pembayaran asal Tiongkok, Alipay. Izin tersebut diproses setelah Alipay menandatangani nota kesepahaman dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA).
 
Aturannya mewajibkan setiap perusahaan asing yang ingin memproses izin transaksi pembayaran ritel di Indonesia harus bekerja sama dengan lembaga switching domestik.
 
Deputi Gubernur BI Sugeng menjelaskan Alipay menggandeng BRI dan BCA. Sedangkan perusahan dompet digital asing lainnya, WeChatPay bekerja sama dengan CIMB Niaga dan BNI.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"BCA, BRI dengan Alipay saat ini sedang dalam proses kelengkapan dokumen. CIMB Niaga itu sudah masuk (dokumen) ke kami," kata Sugeng dalam jumpa pers di Gedung Bank Indonesia di Jakarta, Kamis 17 Januari 2019.
 
Selanjutnya, dokumen yang diserahkan oleh Alipay dan CIMB Niaga akan diperiksa dan diberikan penilaian. Hal ini untuk memastikan sistem keamanan konsumen terjaga.
 
"Kami juga lihat teknisnya seperti apa, apakah cukup aman untuk konsumen?" ungkapnya.
 
Adapun penyedia beroperasinya WeChat dan Alipay di Indonesia sebagai instrumen pembayaran khusus bagi turis asing. Nantinya transaksi pembayaran dari para turis Tiongkok di Indonesia akan dikonversikan ke mata uang rupiah. Selain itu, transaksi pembayaran juga akan terekam dalam sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi