Illustrasi. Dok : MI/Manggala.
Illustrasi. Dok : MI/Manggala.

BCA: Fintech Bukan Ancaman bagi Perbankan

Ekonomi bca fintech
Desi Angriani • 09 Mei 2019 21:10
Jakarta: Kehadiran fintech (financial technology) yang tumbuh ibarat jamur kerap dianggap sebagai ancaman bagi perbankan. Namun, Wakil Direktur Utama BCA Armand Hartono melihat fintech dari sudut pandang berbeda.
 
Baginya, fintech bukanlah kompetitor, melainkan perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan peluang dalam menyasar masyarakat unbankable sekaligus mempermudah proses pembayaran.
 
"Bagi kami tidak kompetitor. Karena sebuah perusahaan hanya bisa fokus 1-2 segmen tertentu saja, misalnya Bukopin, kami sama-sama bank tapi kami layani segmen yang banyak beda juga. Seperti BRI juga, dan BCA juga fokus di perdagangan, transaksi," ujarnya dalam CNBC Indonesia VIP Forum, di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis, 9 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Armand menambahkan justru keberadaan fintech, khususnya pembayaran, telah menambah prospek baru bagi BCA. Kehadiran Gojek dan Grab di Indonesia membuka peluang banyak mitra driver yang membuka rekening bank.
 
"Saya ambil contoh Gojek dan Grab. Sejak adanya mereka tiba-tiba sopir-sopir buka akun di BCA. Mereka mengantre ribuan orang di cabang kita," ungkapnya.
 
Bahkan salah satu layanan Go-Food milik Gojek turut mendorong pembukaan rekening bank bagi banyak tukang bakso maupun UMKM rumahan. Armand menyebut mereka kerap bertransaksi menggunakan BCA.
 
Oleh karena itu, ekonomi digital bukan lagi menjadi disrupsi bagi perbankan konvensional. Ekosistem baru ini malah menciptakan peluang sehingga bank tidak kehilangan perannya.
 
"Sekarang penjual bakso transfer-transferan pakai BCA juga," jelasnya.
 
Adapun konsep fintech ialah mengadaptasi perkembangan teknologi yang dipadukan dengan bidang finansial dengan menghadirkan proses transaksi keuangan yang lebih praktis, aman serta modern.
 
Ada banyak hal yang bisa dikategorikan ke dalam bidang Fintech, diantaranya adalah proses pembayaran, transfer, jual beli saham, proses peminjaman uang secara peer to peer dan masih banyak lagi.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif