Illustrasi. MI/RAMDANI.
Illustrasi. MI/RAMDANI.

Menkeu: Pencairan Rapel Kenaikan Gaji PNS Hampir 100%

Ekonomi pns
Suci Sedya Utami • 17 April 2019 16:11
Tangerang Selatan: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan pencairan rapel kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) hingga kini telah mencapai 100 persen.
 
Dia mengatakan pencairan tersebut sudah dilakukan hampir di semua daerah di Tanah Air. Adapun daerah yang belum cair yakni daerah terpencil yang sulit dijangkau.
 
"Sampai dengan kemarin sore (Selasa) kita pantau semua provinsi sudah 100 persen," kata Ani ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu, 17 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia bilang daerah-daerah yang pencairannya hampir mencapai 100 persen yakni Sumatera, Jawa, dan sebagainya. Sementara daerah seperti Maluku, Papua pencairannya telah mencapai 93-94 persen.
 
Kenaikan gaji PNS sebetulnya sudah disampaikan oleh Presiden Jokowi pada Nota Keuangan pertengahan tahun lalu. Kenaikan gaji sebesar lima persen juga sudah dimasukkan dalam Undang-Undang (UU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
Kenaikan gaji PNS juga sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) yang sudah ditandatangani Presiden Jokowi. Hanya saja kelengkapan dari PP tersebut masih menunggu lampiran dari kementerian/lembaga (K/L).
 
Sebelumnya Ani memastikan kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) dicairkan pada April 2019. Kenaikan gaji dirapel dari kenaikan Januari hingga April.
 
"Ya karena UU APBN untuk Januari, jadi meskipun pencairannya pada April, itu menyangkut dari Januari sampai dengan April. Untuk Mei dan selanjutnya dibayarkan waktu pembayaran gajinya," ungkap Ani sapaannya ditemui di di Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu 13 Maret 2019.
 
Presiden Joko Widodo sebelumnya mengatakan realisasi kenaikan gaji PNS paling lambat awal April 2019.Presiden menjanjikan tersebut saat merespons pertanyaan PNS di sela-sela sambutan meresmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung Selatan, Jumat, 8 Maret 2019.
 
"Tadi di sana waktu saya salam-salaman ada yang menanyakan, 'Pak ini PNS gajinya naik kapan. Gajinya naiknya kapan', saya jawab 'iya saya ngerti, ini PP-nya baru disiapkan'. Saya kira Maret ini akan selesai sehingga awal April sudah bisa diberikan kenaikan itu kepada bapak ibu sekalian dirapel plus gaji 13, 14," kata Presiden Jokowi.

 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif