Kepala Unit Bisnis Telkom Cempaka Putih dan Alumni ITB Anggita Cremonandra. Foto: istimewa.
Kepala Unit Bisnis Telkom Cempaka Putih dan Alumni ITB Anggita Cremonandra. Foto: istimewa.

Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Masuk Dunia Kerja

Ekonomi tenaga kerja tips bekerja lebih produktif
Ade Hapsari Lestarini • 14 Desember 2019 16:51
Jakarta: Memasuki dunia kerja menjadi salah satu problematika tersendiri bagi para lulusan perguruan tinggi. Namun adatiga hal yang harus dimiliki agar bisa bertahan di dunia kerja.
 
Kepala Unit Bisnis Telkom Cempaka Putih Anggita Cremonandra mengatakan tiga hal tersebut yakni tidak pernah berhenti belajar, memiliki strategi dan melakukan eksekusi sebaik mungkin, serta evaluasi untuk perbaikan berkelanjutan.
 
"Khususnya bagi lulusan oleh lulusan Teknik Industri. Kemampuan teknikal saja tidak cukup di dunia kerja, tapi harus mengasah kemampuan leadership," kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu, 14 Desember 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AlumniTI ITB yang berkarier di PT Telkom Indonesia ini menambahkan ketika melakukan sebuah pekerjaan, lakukan dengan penuh totalitas, antusias, dan berintegritas."Dengan begitu, kita akan punya nilai di lingkup pekerjaan kita," tambahnya, saat mengisi seminar Professional Development 2019 yang diadakan Program Studi Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (TI ITB).
 
Selain ituAnggita menambahkan passion juga menjadi salah satu faktornya. Menurutnya, passion memiliki dua pengertian. Pertama dicari lalu menemukannya, kedua ditemukan setelah melakukan aktivitas tertentu secara rutin.
 
"Jadi passion itu tidak melulu ditemukan di awal. Karena bisa saja kita tahu pekerjaan itu passion setelah melalui perjalanan panjang, setelah kita berdarah-darah, setelah kita melalui hal-hal enggak enak dulu," urai Wakil Duta Telkom 2017 tersebut.
 
Alumni TI ITB 2010 itu mengaku selalu berusaha menerapkan prinsip yang disampaikan pendiri Teknik Industri ITB, Prof Dr. Matthias Aroef bahwa seorang teknik industri adalah seorang productivity engineer di mana pun berada.
 
Senada, alumni TI ITB Kurnia Prasadi menambahkan sikap sangat berperan penting di dalam dunia pekerja. Dengan attitude baik, seseorang akan diterima dengan baik pula di tempatnya bekerja. Di samping itu, ilmu berkomunikasi tak kalah penting.
 
"Karena kalau pun kamu punya ide besar, tapi tidak bisa mengomunikasikannya, itu masalah," ujar Kurnia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif