Kepala BKPM Tom Lembong. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani.
Kepala BKPM Tom Lembong. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani.

Dominasi BUMN Hambat Investasi

Ekonomi bumn investasi
Desi Angriani • 12 September 2019 10:42
Jakarta: Kepala BKPM Thomas Lembong menyebut dominasi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menggarap proyek-proyek strategis nasional menghambat investasi dalam negeri. Bahkan hubungan sektor swasta dan BUMN kurang kondusif.
 
"Sangat banyak keluhan dari dunia usaha, swasta mengenai dominasi BUMN dan hubungan sektor swasta dan BUMN yang kurang kondusif," kata Lembong di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.
 
Menurutnya dunia usaha menginginkan postur kemitraan yang bersahabat. Jika semua proyek dikerjakan perusahaan pelat marah, swasta kehilangan peran. Dengan begitu arus investasi menjadi stagnan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi sangat mengharapkan tidak ada postur konfrontasional atau istilahnya win-lose. Ini yang perlu kita kaji, pelajari. Supaya mungkin mengembalikan ke sebuah equilibrum yang lebih sehat," ungkap Lembong.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya ingin meningkatkan peranan swasta pada semua proyek di sektor infastruktur. Dengan memberikan ruang ke swasta, nantinya berharap pertumbuhan investasi di Indonesia tumbuh hingga 8 persen atau bahkan bisa double digit.
 
"Jadi, sebenarnya dengan perekonomian yang tumbuh itu memberikan kesempatan bagi swasta," ungkapnya di Jakarta, 2 Agustus 2019.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif