Asuransi Jiwasyara. Foto : MI/Ramdani.
Asuransi Jiwasyara. Foto : MI/Ramdani.

Anggota Bursa yang Tersangkut Kasus Jiwasraya akan Disanksi

Ekonomi Jiwasraya
Ilham Pratama Putra • 15 Januari 2020 16:56
Jakarta: Bursa Efek Indonesia akan pertimbangkan sanksi untuk Anggota Bursa (AB) jika terseret kasus Jiwasraya. Akan ada pembicaraan lebih lanjut di otoritas bursa.
 
"Kalau sanksi akan kami bicarakan bersama. Karena itu sebenarnya, kalau sanksi itu ada di otoritas yang lain," kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa, Laksono Wibowo, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu 15 Januari 2020.
 
Pembicaraan tersebut dilakukan bersama komisi XI DPR RI dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU). Rapat tertutup ini juga dihadiri beberapa direksi Self Regulatory Organization atau SRO pasar modal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembahasan dimulai dari evaluasi kinerja pasar modal hingga permasalahan PT Jiwasraya. Para SRO yang hadir di antaranya Bursa Efek Indonesia (BEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).
 
Hingga saat ini Kejaksaan Agung menetapkan lima orang tersangka kasus dugaan korupsi PT Jiwasraya. Kelimanya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan bukti yang cukup.
 
Kelima orang yang ditetapkan sebagai tersangka yakni mantan Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Jiwasraya Syahmirwan, mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo, Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat; dan Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro.
 
Kelima tersangka dijerat Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 ayat (1) huruf b UU Nomor 31 Tahun 1999 Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif