Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar. Foto: Ant/Akbar Nugroho Gumay.
Mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar. Foto: Ant/Akbar Nugroho Gumay.

Jadi Komut, Arcandra Siap Besarkan Sayap PGN

Ekonomi perusahaan gas negara (pgn)
Suci Sedya Utami • 21 Januari 2020 17:57
Jakarta: Arcandra Tahar resmi menjabat sebagai Komisaris Utama (Komut) Perusahaan Gas Negara (PGN). Arcandra berjanji untuk membawa kinerja PGN lebih baik lagi ke depannya.
 
Dalam sambutan perdananya pascaresmi menjabat sebagai Komisaris Utama PGN, Arcandra menginginkan potensi-potensi kinerja PGN, baik sebagai perusahaan yang diberi mandat dalam pembangunan infrastruktur gas di hilir maupun melalui beberapa anak usahanya di hulu bisa ditingkatkan.
 
"Kita berharap dengan pergantian komisaris utama ini potensi-potensi yang bisa kita tingkatkan bisa memberikan nilai tambah tidak hanya bagi pemerintah tapi seluruh pemegang saham PGN," kata Arcandra di kantor pusat PGN, Jakarta, Selasa, 21 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, ia menyadari untuk membawa PGN ke arah yang lebih baik tidak bisa dilakukan sendirian. Oleh karenanya ia meminta dukungan pada jajaran komisaris lainnya dan direksi untuk bekerja sama untuk membangun PGN yang lebih baik.
 
"Mulai hari ini saya mendedikasikan waktu saya untuk membesarkan PGN ke depan karena potensi-potensi yang ada masih bisa digali dan ditingkatkan. Semoga dukungan dari semua pihak bisa membawa PGN lebih baik," jelas dia.
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PGN Gigih Prakoso pun menyatakan jajaran direksi mendukung kehadiran Arcandra di kursi dewan komisaris. Ia meyakini Arcandra akan mampu memperkuat jajaran komisaris dan direksi untuk membangun dan memajukan PGN.
 
Apalagi, PGN tidak hanya sebagai entitas bisnis, tetapi juga menerima penugasan-penugasan dalam rangka mendukung program-program pemerintah dalam distribusi dan transisi gas. Saat ini, kebutuhan gas sebagai bahan baku industri dan rumah tangga makin meningkat sehingga peran PGN sebagai badan usaha yang mendistribusikan gas melalui jaringan gas (jargas) sangat diperlukan.
 
"Harapannya karena beliau (Arcandra) juga punya background yang kuat di migas dan sebelumnya Wakil Menteri ESDM tentu saya yakin beliau bisa memberikan masukan untuk PGN lebih maju ke depannya," jelas Gigih.
 
Sampai akhir 2019, PGN telah menyalurkan gas bumi kurang lebih 3.000 BBTUD untuk melayani lebih dari 359 ribu pelanggan di 63 kota/kabupaten, dengan cakupan infrastrukur pipa gas bumi lebih dari 10.500 km. Termasuk jaringan gas untuk melayani sektor rumah tangga sepanjang lebih dari 3.800 km.
 
Adapun pada 2020 PGN akan merealisasikan beberapa proyek strategis. PGN menargetkan untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi secara masif. Hal ini dalam rangka memenuhi kebutuhan energi domestik yang semakin meningkat dan berperan dalam mengurangi defisit neraca migas.
 
Target pengembangan infrastruktur gas untuk 2020 akan difokuskan untuk Pembangunan terminal gas alam cair atau (liquefied natural gas/LNG) dengan kapasitas 40 BBTUD dan LNG filling dengan kapasitas 10 BBTUD di Teluk Lamong agar bisa menjangkau wilayah baru di Jawa Timur, penyelesaian transmisi Gresik-Semarang dan pengembangan infrastruktur distribusi di Sumatera Jawa, pengembangan Jargas rumah tangga di 49 wilayah Kota/Kabupaten, serta gasifikasi kilang minyak terutama Kilang Cilacap dan Kilang Balikpapan.
 
PGN akan mengembangkan bisnis-bisnis baru dengan harapan dapat lebih meningkatkan volume gas. Maka dari itu, Gigih Prakoso juga mengarahkan untuk meningkatkan efisiensi pada seluruh program kerja PGN. Dukungan dari Pemerintah dan seluruh stakeholder diperlukan untuk mencapat target-target ini.
 
Selama ini, PGN juga melaksanakan mandat pemerintah untuk membangun infrastruktur jargas rumah tangga. Pada 2020, pembangunan jargas menggunakan anggaran APBN akan dibangun sebanyak 266.070 sambungan rumah tangga (SR). Selain itu, PGN juga mengembangkan Jargas Kita Mandiri dengan target 50 ribu SR di 16 wilayah Kota/Kabupaten.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif