Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Mentan Jamin Kemudahan Akses Pangan

Ekonomi pangan kementerian pertanian Kabinet Jokowi-Maruf
Desi Angriani • 07 November 2019 16:14
Jakarta: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjamin kemudahan akses pangan dalam 100 hari pertama menjabat anggota Kabinet Indonesia Maju. Yasin tak ingin masyarakat kesulitan memperoleh bahan kebutuhan pokok seperti beras.
 
"Saya ingin dalam 100 hari ini memiliki kejelasan lahan yang akan panen di mana saja. Berapa besarnya, seperti apa kemampuan kita. Kita kan harus jamin bisa beri makan 267 juta penduduk," ujarnya seusai menghadiri rapat koordinasi di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis, 7 November 2019.
 
Yasin berencana mengecek berbagai unsur yang memengaruhi produksi pangan. Di antaranya mengantisipasi gangguan cuaca dan potensi bencana dengan menggunakan teknologi dan kecerdasan buatan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita akan gunakan teknologi. Kita bisa baca dengan menggunakan satelit. Kecerdasan buatan akan kita mainkan," ungkap dia.
 
Selain itu, ia akan merombak sistem pengendalian dan pengawasan pangan agar pemerintah memperoleh data yang akurat. Data tersebut akan dikombinasikan dengan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai pedoman dalam melakukan impor pangan.
 
"Dengan data yang tepat, kita bisa lihat bagaimana kondisi yang ada. Kita bisa antisipasi. Kalau memang butuh impor, kita akan putuskan melalui rapat koordinasi, bukan hanya menteri pertanian saja, tapi seluruh pihak," pungkas Yasin.
 
Sebelum ditunjuk sebagai Mentan, kader NasDem ini berkiprah di dunia politik. Ia menjabat Gubernur Sulawesi Selatan sebanyak dua periode dan Bupati Kabupaten Gowa selama dua periode.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif