Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: MI/Susanto)
Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: MI/Susanto)

Harga Tiket Pesawat Belum Terpengaruh Penurunan TBA

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 17 Mei 2019 18:30
Jakarta: Pemerintah telah mengeluarkan imbauan agar maskapai penerbangan menurunkan harga tiket pesawat. Namun, upaya tersebut dianggap belum berhasil.
 
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai respons pemerintah belum optimal. Upaya yang dilakukan tidak berdampak besar terhadap peningkatan jumlah penumpang.
 
"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bersama instansi atau lembaga terkait dan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) untuk duduk bersama melakukan evaluasi," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Jumat, 17 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar itu menilai, penurunan Tarif Batas Atas (TBA) tidak terlalu berdampak terhadap penurunan harga tiket pesawat. Sebab, kenaikan yang terjadi pada Desember 2018-Januari 2019 mencapai 50-60 persen.
 
"Sedangkan, penurunan tarif batas atas tiket pesawat hanya 12-16 persen," katanya.
 
Melihat kondisi tersebut, Bamsoet mendorong agar pemerintah terus melakukan evaluasi agar berbagai potensi yang dapat mengganggu stabilitas industri penerbangan nasional bisa diidentifikasi dengan baik.
 
"Terus melakukan upaya-upaya yang dapat mendukung industri penerbangan nasional," ujar dia.
 
Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menurunkan TBA sebesar 12-16 persen. Maskapai pun diminta untuk segera menyesuaikan harga paska kebijakan itu keluarkan.
 
Bahkan, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti mengingatkan, penyesuaian harus dilakukan selambat-lambatnya hingga 18 Mei 2019. Jika tidak diindahkan, maka akan diberikan sanksi.
 
“Sanksinya jika tidak melaksanakan, tentu ada peringatan, pembekuan, pencabutan, dan terakhir denda administrasi,” kata Polana B Pramesti di kantornya, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif