Ekosistem Digital Keuangan Syariah Terus Digencarkan
Ilustrasi Keuangan Syariah. MI/M Irfan.
Jakarta: Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama islam, Indonesia punya potensi besar dalam pengembangan keuangan syariah. Meski demikian, penetrasinya masih kalah jauh dibandingkan lembaga keuangan konvensional lainnya yang lebih dulu menggurita hingga ke pelosok daerah.

Menyadari potensi tersebut, pemerintah sebenarnya sudah mengantisipasi dengan terbitnya Peta Jalan Keuangan Syariah Indonesia 2017-2019. Perkembangan teknologi yang melahirkan solusi digital bagi lembaga keuangan juga diantisipasi Majelis Ulama Indonesia lewat dua fatwa yang dikeluarkan melalui Dewan Syariah Nasional tentang uang elektronik dan layanan pembiayaan berbasis teknologi.

Lewat dua fatwa DSN yang terbit pada 2017 dan 2018 tersebut, industri keuangan syariah pun kini mulai menatap masa depan dengan solusi teknologi agar bisa lebih dalam menjangkau umat dalam solusi pembiayaan maupun pendanaan. Bukan hanya itu, solusi yang dihadirkan juga terkait jasa pengumpulana dana sosial berbasis syariah seperti zakat, infak, dan sedekah.

Inisiatif kerja sama dalam meningkatkan kualitas keuangan syariah di Indonesia pun terus digencarkan. Salah satunya dilakukan PT. Envy Technologies yang beberapa waktu lalu menjalin kerja sama dengan MUI, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan sejumlah bank syariah dalam penyediaan sistem pembayaran syariah.

Presiden Direktur Envy Technologies Moh Sopiyan bin Moh Rashdi mengatakan, kerja sama dengan institusi, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga keuangan Islam tersebut berbentuk penyediaan platform yang nantinya bisa digunakan untuk alat pembayaran, termasuk zakat, infak, sedekah, kurban, dan investasi keuangan syariah.

"Saat ini kami sedang mengurus izin sebagai penyelenggara sistem pembayaran ke Indonesia. Karena itu, sambil menanti lisensi tersebut keluar, kami menjalin mitra dengan lembaga yang sudah mempunyai lisensi terkait keuangan syariah dahulu," kata Sopiyan di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Sebagai perusahaan yang menyediakam solusi internet (IoT), Sopiyan menegaskan pihaknya berpegang teguh pada ketentuan syariah dalam solusi yang kali ini ia tawarkan. Dalam tiga bulan ke depan platform yang dijanjikan pun akan siap digunakan oleh mitra Envy di Indonesia.

Target Envy Technologies ke depan ialah menyatukam seluruh layanan pembayaran syariah di Indonesia. "Solusi digital keuangan syariah di Indonesia memang sudah ada, tapi terpisah-pisah. Kami ingin satukan seluruh layanan pembayaran syariah dalam satu platform," ujar Sopiyan.

Investasi Syariah

Solusi teknologi untuk keuangan ayariah bukan hanya terkait pembayaran saja. Bukalapak, salah satu platform pasar digital terbesar di Indonesia yang sudah melebarkan bisnisnya ke solusi teknologi finansial juga punya instrumen inveatasi syariah bagi umat islam bernama BukaReksa Syariah.

Manajer Solusi Investasi Bukalapan Abdul Hafizh Asri menjelaskan BukaReksa Syariah merupakan upaya Bukalapak untuk merangkul seluruh masyarakat Indonesia agar makin cerdas dalam pengelolaan keuangan, terutama melalui instrumen investasin yang sah dan turut diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Bukalapak melalui BukaReksa Syariah ini mentransformasi investasi tradisional menjadi digital, namun tetap sejalan dengan nilai-nilai syariat islam. Fitur BukaReksa Syariah menawarkan empat produk reksa dana syariah di dalamnya yang memungkinkan seluruh pengguna untuk melakukan investasi secara aman di mana saja dan kapan saja dengan mudah karena dapat dimulai dengan investasi senilai Rp 10 ribu rupiah," kata Hafizh.




(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id