Jabar Penyangga Terbesar Pangan Jakarta
Agung Hendriadi bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan membuka HPS Provinsi Jabar. Foto: Metrotvnews.com/Tri Kurniawan
medcom.id, Bogor: Jawa Barat diyakini bisa menjadi kontributor terbesar untuk swasembada pangan dan menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia. Saat ini, sudah banyak produk pangan yang dihasilkan di Tanah Pasundan.

"Ternyata Jawa Barat penyangga pangan terbesar untuk DKI," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi saat peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Provinsi Jawa Barat di kawasan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Kamis 9 November 2017.

Tak hanya itu, kata Agung, 25 persen-30 persen protein hewani nasional dihasilkan dari Jawa Barat. Provinsi ini berkontribusi atas 40 persen komoditas holtikultura. Kemudian, Jawa Barat bersama Jawa Timur menjadi produsen beras nasional.


big_center

Agung juga menyinggung keterlibatan generasi muda dalam pembangunan pertanian. Saat ini, menurut Agung, petani di Indonesia rata-rata berusia 50 tahun atau lebih. Dia bangga karena di HPS tingkat Provinsi Jawa Barat, banyak produk pertanian yang dipamerkan merupakan hasil kerja keras pemuda.

"HPS menitikberatkan bahwa pembangunan pedesaan bisa dijadikan sebagai salah satu upaya memberdayakan pemuda dengan berbagai usaha di bidang pertanian secara modern dan inovatif, sehingga terwujud Indonesia sebagai lumbung pangan dunia," ujar Agung.



(TRK)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360