Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Foto: MI/Susanto.
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Foto: MI/Susanto.

Mendag Yakin Makassar Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Ekonomi pertumbuhan ekonomi kementerian perdagangan
Ilham wibowo • 21 November 2019 10:14
Makassar: Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meyakini Kota Makassar dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru lantaran posisi geografisnya sebagai hub di wilayah Indonesia Timur. Apalagi, inovasi ekspor rute langsung atau direct call kapal dari Makassar ke kawasan Asia kini bisa diimplementasikan.
 
Hadirnya akses tersebut membuka gerbang untuk memperkuat kinerja ekspor termasuk produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dalam program Indonesia Maju, kata Agus, pemerintah perlu melaksanakan penguatan UMKM untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas ekspor.
 
"Jika kita selisik kembali pada saat krisis global melanda dunia, UMKM berkontribusi sebagai salah satu penopang dalam roda perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, peran UMKM begitu besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 21 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Agus berkomitmen untuk terus meningkatkan perdagangan nasional dengan ikut mendorong pemerintah daerah. Selain UMKM, sistem resi gudang juga diperkuat sebagai sarana pengendalian stok nasional yang lebih efisien.
 
"Kebijakan perdagangan tersebut diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik," ungkapnya.
 
Lebih lanjut, Agus mengatakan, pihaknya telah meluncurkan paket deregulasi dan debirokratisasi. Langkah tersebut diharapkan dapat menciptakan efisiensi dan mempermudah para pelaku usaha dalam memenuhi kewajibannya. Strategi baru tersebut juga diharapkan bisa menurunkan disparitas harga barang, menurunkan inflasi, dan akan membuka peluang kerja yang lebih banyak.
 
"Sesuai arahan Presiden, kita harus berorientasi pada hasil. Jangan hanya asal mengirim pesan saja, tapi harus betul-betul tersampaikan pada rakyat. Sehingga, apa yang telah kita kerjakan dan upayakan selama ini nyata," ungkapnya.
 
Persaingan perdagangan semakin ketat di tengah pelemahan ekonomi global. Agus memastikan dirinya bakal terus merangkul, mendengarkan, membimbing, serta membantu masyarakat untuk terus meningkatkan level perekonomian.
 
"Sehingga, peluang investasi dapat terbuka seluas-luasnya," tutur Agus.
 
Dalam agenda kunjungan kerja ke Makassar, Agus menyerahkan bantuan sarana perdagangan secara simbolis kepada kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Sebanyak 25 unit gerobak dagang yang diberikan kepada Kabupaten Tana Toraja, 50 unit diberikan kepada Kabupaten Toraja Utara, dan 100 unit diberikan kepada Kabupaten Barru.
 
Agus menyampaikan kepada perwakilan Pemda yang hadir untuk serius mengawasi distribusi dan stabilitas harga bapok. Langkah antisipasi perlu segera dilakukan dengan monitoring stok dan harga jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
 
"Kita akan awasi dan kawal distribusi bahan pokok agar harga tetap terkendali. Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, dan pemerintah provinsi terus bersinergi menjaga stabilitas harga," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif