Illustrasi. Dok : MI/Arya Manggala.
Illustrasi. Dok : MI/Arya Manggala.

Penerbangan Murah Berlaku Selasa, Kamis dan Sabtu

Ekonomi bisnis maskapai
Desi Angriani • 01 Juli 2019 23:29
Jakarta: Penerbangan murah dengan potongan harga 50 persen untuk maskapai low cost carrier (LCC) hanya dapat dinikmati pada Selasa, Kamis dan Sabtu. Waktu tersebut dinilai kurang populer sehingga dapat meningkatkan utilisasi penerbangan.
 
Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono Moegiarso penurunan tarif tersebut akan berlaku pada low hours atau jam sepi penerbangan pada pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB waktu setempat.
 
"Penerbangan domestik untuk LCC domestik yang diskon 50 persen ini pada setiap Selasa, Kamis dan Sabtu. Kemudian flight jam 10.00-14.00 WIB waktu local time di bandara setempat," ujarnya dalam jumpa pers di Kementerian bidang Perekonomian, Jakarta, Senin 1 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia pun menjelaskan bahwa rute dan alokasi kursi untuk penerbangan murah ini masih akan dibahas dalam rapat selanjutnya. Ia mengatakan kebijakan tersebut ditanggung secara bersama oleh maskapai, pengelola bandara, penyedia bahan bakar, dan airnav demi menjamin ketersediaan penerbangan murah bagi masyarakat.
 
"Kami berkomitmen untuk tetap menyediakan penerbangan murah bagi masyarakat. Terkait Jadwal flight dan sharing cost secara spesifik akan dibahas kembali di rakor yang akan datang,” jelas Susiwijono.
 
Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Trihargo menambahkan sharing cost tidak akan mengorbankan sisi safety dari AirNav, maskapai, maupun pengelola bandara.
 
"Kita masih berkomitmen di tengah kondisi yang tidak mudah bagi pengelola bandara, maskapai dan avtur," tegas Gatot.
 
Adapun pemerintah mengevaluasi secara berkala penurunan Tarif Batas Atas (TBA) harga tiket pesawat yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 106 Tahun 2019 dan berlaku efektif sejak 18 Mei 2019 lalu.
 
Hasil evaluasi tersebut, memutuskan penurunan tarif tiket pesawat sebesar 50 persen untuk seluruh maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC). Harga tersebut diturunkan setengah dari Tarif Batas Atas (TBA) maskapai LCC.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif