Menko Perekonomian Darmin Nasution. FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin.
Menko Perekonomian Darmin Nasution. FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin.

Pemerintah Harap Fintech Percepat Capaian Inklusi Keuangan

Ekonomi inklusi keuangan fintech
Husen Miftahudin • 23 September 2019 12:02
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution resmi membuka Indonesia Fintech Summit and Expo (IFSE) 2019. Dalam sambutannya, Darmin berharap keberadaan financial technology (fintech) bisa mempercepat target inklusi keuangan ke seluruh masyarakat Indonesia.
 
"Ekspektasi saya, fintech untuk mencapai target inklusi keuangan hingga ke kawasan remote (wilayah terluar Indonesia). Dengan baiknya akses keuangan, mereka bisa meng-improve kehidupan dan living standard," ujar Darmin di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 23 September 2019.
 
Menurutnya, keberadaan fintech dibutuhkan bagi Indonesia. Maklum, keberadaannya berperan besar bagi negara dengan jumlah penduduk dan kepulauan terbesar di dunia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Negara yang besar seperti ini lebih membutuhkan peranan digital, fintech, dan sebagainya," tegas dia.
 
IFSE 2019 digelar oleh Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) yang bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Acara ini juga didukung oleh seluruh jenis pelaku fintech, seperti Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI).
 
Acara ini diisi dengan pameran dari para pelaku fintech, mulai dari level startup hingga anak usaha BUMN. Dalam acara ini, ada pula diskusi panel selama dua hari, yakni 23-24 September 2019.
 
Agenda ini diawali diskusi Fintech Visionary yang diisi oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, Gubernur BI Perry Warjiyo, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif