Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)

Cermat Menggunakan Pinjaman Dana secara Daring

Ekonomi tips keuangan
15 April 2019 12:59
KECANGGIHAN teknologi cukup mempermudah kehidupan manusia karena menawarkan dampak serta pengaruh yang cukup besar. Tapi akan sangat disayangkan jika Kita tidak dapat memanfaatkannya untuk keperluan positif.
 
Melihat kemajuan tersebut banyak pebisnis pun melihat semakin terbuka lebarnya peluang untuk mulai berbisnis dengan basis online. Hal tersebut pun didasarkan pada tingginya pengguna sosial media berdasarkan beberapa riset terkini. Dimulai dengan kedatangan online shop, transportasi berbasis online, hingga perbankan yang dapat dilakukan hanya dengan genggaman tangan seperti transfer dana, investasi tabungan serta pinjaman dana tunai secara online.
 
Baca juga: Masyarakat Jangan Percaya Pinjaman Online Tak Terdaftar
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah booming di bidang transportasi berbasis online, saat ini aktivitas finansial online juga tengah naik daun. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya perusahaan financial technology atau fintech di Indonesia yang mengembangkan platform untuk transaksi peminjaman dana secara online seperti layaknya bank.
 
Kehadiran fintech tentunya membawa misi tersendiri, di antaranya mempermudah setiap calon nasabah dalam mengajukan pinjaman dan lain sebagainya. Hal tersebut tak terlepas dari kerisauan masyarakat yang mengajukan pinjaman secara konvensional, namun nyatanya menemukan berbagai kekecewaan. Lalu apakah ada kelebihan pinjaman via online? Berikut ulasan dariProduct Manager Fintech p2p lending Indodana Timothy Prawiromaruto.
 
Solusi keuangan yang cepat dan tepat untuk kebutuhan mendesak.
Salah satu misi dari pinjaman online adalah membawa solusi keuangan yang cepat serta tepat. Hal tersebut sangat cocok untuk Anda yang dihadapkan dengan kebutuhan akan keuangan yang mendesak. Anda tak perlu lagi pinjam ke teman-teman atau bahkan mengantre di bank yang cukup memakan waktu, serta masih dihadapkan lagi dengan proses pencairan yang memakan waktu cukup lama.
 
Oleh karenanya pinjaman online dapat memberikan pinjaman uang dengan waktu yang relatif lebih cepat. Jika pada sistem perbankan konvensional memerlukan waktu berjam-jam untuk bisa mendapatkan pinjaman, berbeda dengan pinjaman online yang bahkan saat ini sudah bisa memberikan pinjaman dalam hitungan menit. Namun pastikan aplikasi tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar lebih terjamin dan aman.
 
Hemat waktu.
Inovasi di bidang keuangan saat ini banyak menggunakan gadget seperti smartphone sebagai sarana untuk mendapatkan layanan perbankan. Hanya dengan membuka browser, Anda dapat mengunjungi website penyedia pinjaman atau dengan membuka aplikasi yang dapat diunduh dengan menggunakan smartphone.
 
Biasanya pihak pemberi pinjaman dana tunai secara online akan mewajibkan Kita untuk mengisi data diri dalam sebuah formulir serta melampirkan beberapa dokumen penting yang umumnya telah dimiliki nasabah seperti KTP, slip gaji, dan lain sebagainya. Dengan sistem upload, Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi ke lembaga keuangan yang hendak Anda tuju. Tentunya hal tersebut lebih bagus untuk Anda yang memiliki kesibukan cukup padat. Selain bisa mendapatkan pinjaman, aktivitas utama Anda pun tak akan terganggu.
 
Bunga kompetitif.
Semakin banyaknya pertumbuhan fintech, membuat satu fintech dengan yang lainnya berkompetisi menawarkan bunga pinjaman yang rendah. Perusahaan fintech pun sering mengklaim mereka menawarkan suku bunga yang lebih rendah dibandingkan lembaga keuangan konvensional seperti bank pada umumnya.
 
Selain itu beberapa fintech pun saat ini telah dilengkapi dengan fitur yang menarik yakni adanya fitur negosiasi untuk perpanjangan pembayaran pinjaman. Hal ini sangat cocok untuk Anda yang tengah menghadapi masalah finansial. Harap perhatikan saat Anda memilih opsi tersebut pastikan Anda tetap konsisten dalam membayar tagihan agar keuangan Anda sehat.
 
Fasilitas pinjaman yang cukup lengkap.
Perkembangan kebutuhan masyarakat secara online saat ini terbilang meningkat tajam. Selain memberikan pinjaman dalam bentuk online, fintech juga menyediakan berbagai fasilitas layaknya transaksi di bank konvensional. Produk-produk tersebut di antaranya asuransi, deposito, pembiayaan kredit kendaraan bermotor, investasi dalam bentuk reksa dana dan produk-produk keuangan lainnya.
 
Hal tersebut bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang saat ini tak mau ambil pusing dengan melakukan apapun kebutuhannya secara konvensional. Selain mempermudah tentunya juga memberikan kepuasan tersendiri lantaran masih memiliki banyak waktu untuk mengerjakan hal lain.
 
Banyak promo.
Untuk mendapatkan banyak nasabah biasanya startup di bidang keuangan akan memberikan berbagai promo menarik yang dapat dinikmati. Di antaranya adalah menawarkan promo baik dalam bentuk khusus hingga diskon dari aplikasi yang dimiliki fintech tersebut.Diskon yang diberlakukan pun cukup variatif mulai dari restoran, wisata, travel, hingga hotel dan lain sebagainya. Jika Anda telah mendaftarkan diri sebagai pengguna aplikasi biasanya Anda akan diberikan kemudahan untuk menerima newsletter terkait promo yang tengah dijalankan oleh perusahaan fintech tersebut.
 
Berikut beberapa keunggulan dari fintech. Namun demikian, melihat kelebihan tersebut jangan sampai Anda justru menjadi lebih konsumtif. Karena umumnya sebuah kelebihan yang ditawarkan pihak startup selalu memiliki dua sisi, yakni positif dan negatif. Belajarlah untuk memanfaatkan teknologi untuk membuat keuangan Anda menjadi lebih lancar bukan menjadi terhalang dengan keuangan yang sifatnya konsumtif. Semoga berguna!
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif