AJB Bumiputera Diperbolehkan Jual Polis Lagi

Eko Nordiansyah 15 Februari 2018 15:45 WIB
AJB Bumiputera Diperbolehkan Jual Polis Lagi
Bumiputera (MI/Atet).
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memperbolehkan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera untuk menjual polis kembali. Hal ini karena upaya restrukturisasi yang dilakukan terhadap perusahaan tidak menghasilkan cashflow bagi perusahaan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya akan menyiapkan program penyehatan yang baru. Dengan demikian maka upaya yang dilakukan oleh OJK dan pengelola statuter yang sebelumnya dibatalkan.

"Karena skema dulu itu rupanya tidak jalan, tidak ada cashflow yang masuk. Sehingga kita batalin, sepakat kita kembalikan dan tinggal ini operasi lagi dengan AJB yang lama," kata dia di Kantor OJK, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Februari 2018.

Selain diperbolehkan kembali menjual produk-produknya, AJB Bumiputera diperbolehkan untuk membentuk anak usaha. Hal ini dilakukan agar AJB Bumiputera dapat mengembangkan bisnisnya tanpa harus bergantung pada pengelola statuter.

"Kemarin AJB enggak boleh jualan, sekarang boleh jualan dan bentuk PT. PT sekarang ada jadi Bhineka. ada PT baru lagi, tunggu dulu. Pengaturan mutual ada, PT ada, kalau sudah diundangkan nanti disosialisasi," jelas dia.

Dirinya menambahkan, dalam menjual produknya nanti AJB Bumiputera akan bekerja sama dengan bank selaku pemasar dan pengembang. Pendapatan dari jual produk tersebut akan digunakan untuk membayar klaim nasabah tanpa harus menjual aset.

"Tidak jadi prioritas (jual aset). Kerja sama-kerja sama dengan bank kita lakukan. Semua asuransi kan bisnisnya begitu, tidak hanya (bank) BUMN, bank syariah, nonsyariah bisa. Tunggu hari baik (untuk pelaksanaannya)," pungkasnya.


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id