Kadin Berharap Bom Surabaya Tidak Memengaruhi Ekonomi
Ilustrasi (Foto: dokumentasi Kadin)
Manado: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) berharap aksi teror bom di Kota Surabaya tidak memengaruhi aktivitas ekonomi baik secara nasional maupun di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Diharapkan, aksi teror tidak terjadi lagi dan aparat penegak hukum bisa menekan aksi serupa di masa-masa mendatang.

"Kami berharap aksi bom Surabaya tidak memberikan efek negatif pada kegiatan ekonomi baik jangka pendek maupun panjang," kata Wakil Ketua Umum Kadin Sulut Ivanry Matu, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Selasa, 15 Mei 2018.

Ivanry mengatakan aksi teroris dengan melakukan pengeboman di beberapa titik di Kota Surabaya menjadi keprihatinan bersama karena telah sangat melukai banyak pihak apalagi keluarga korban. Ia tidak menampik hal ini bisa berdampak pada banyak aspek baik sosial maupun ekonomi, sehingga harus secepatnya dilakukan langkah antisipasi.

"Jika masalah ini cepat terselesaikan maka dampak ekonominya kemungkinan sangat kecil," tuturnya.

Menurut Ivanry Matu, jika dicermati secara langsung aktivitas ekonomi tetap berjalan seperti biasa dan hanya pada titik tertentu saja yang mengalami dampak dari aksi teroris. Hal ini sejalan dengan masyarakat yang cenderung berpikir rasional dan percaya bahwa kegiatan ini akan segera kondusif.

Namun, ia menegaskan, apabila penanganan yang dilakukan terbilang lambat dan nanti tidak ditemukan otak pelaku maka berpeluang menimbulkan was-was bagi para investor dan bisa saja calon investor tidak berani berinvestasi di Indonesia.

"Karena keamanan dan kenyaman menjadi faktor utama bagi pengusaha dalam berinvestasi termasuk investor luar negeri," kata Ivanry.

Untuk diketahui, ledakan bom terjadi di Gereja Santa Maria Tak Bercelah Ngagel pukul 07.30 WIB, di GKI Jalan Diponegoro pukul 07.35 WIB, dan Gereja Pantekosta Jalan Arjuna pukul 08.00 WIB, Kota Surabaya. Pada malam hari ledakan terjadi lagi di Siduarjo dan Senin 14 Mei terjadi di Kantor Polresta Surabaya.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360