Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:Medcom.id/Ilham Wibowo)
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:Medcom.id/Ilham Wibowo)

Ketua DPR Usul Kantor BUMN Tak Lagi Terpusat di Jakarta

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 16 Mei 2019 22:11
Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengusulkan pemindahan ibu kota juga diikuti pemindahan kantor Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan plat merah itu diminta menyebar ke daerah yang merupakan sektor usaha mereka.
 
"Kalau hanya memindahkan ibu kota saja, ini kurang nendang rasanya," kata politikus yang akrab disapa Bamsoet itu saat menjadi keynote speaker Forum IndoSterling dengan tema Memprediksi Iklim Investasi Indonesia Paska Pilpres di Ruang Abdul Muis Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Saat ini, perusahaan BUMN masih terpusat di Jakarta. Sebanyak 78 dari 122 kantor BUMN berada di Jakarta. Padahal, kata Bamsoet, sektor usaha mereka tersebar di sejumlah daerah. Dia meyakini, jika perusahaan BUMN menyebar, maka akan mempercepat pemerataan ekonomi Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Katakanlah Pertamina yang punya kantor megah di Jakarta, tapi sektor bisnisnya ada di Riau. Kalau bisa kantor dan seluruh karyawannya pindah ke Riau. Kemudian, Pupuk Kaltim, buat apa punya kantor megah di Jakarta? Pindah kembali ke Kaltim beserta seluruh karyawannya," kata Bamsoet.
 
Selain memengaruhi ekonomi, desentralisasi BUMN juga akan membantu penyebaran sumber daya manusia (SDM) berkualitas ke seluruh Indonesia. Kondisi saat ini, mayoritas SDM unggulan menumpuk di Jakarta. "Sehingga di daerah-daerah kurang orang pintar," katanya.
 
Oleh karena itu, Bamsoet menyarankan agar BUMN juga mengikuti langkah pemerintah mempertimbangkan memindahkan pusat kegiatan ke daerah-daerah. Dengan begitu, pertumbuhan merata di seluruh wilayah bisa diwujudkan.
 
"Itu menjadi upaya-upaya memanfaatkan momentum pemindahan ibu kota ini untuk mendesain desentralisasi BUMN," kata Bamsoet.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif