Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.

Buwas Curhat soal Utang Bulog Gara-Gara Impor

Ekonomi bulog impor beras
Eko Nordiansyah • 01 November 2019 17:38
Jakarta: Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan Bulog harus berutang demi menjalankan penugasan impor. Buwas mencontohkan impor beras untuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP) oleh Bulog menggunakan pembiayaan dari utang.
 
"Kita dapat penugasan dari negara untuk impor beras contohnya, ini kan beras CBP, tapi yang mengimpor dan membeli Bulog, uangnya pinjam, utangnya Bulog," kata di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat, 1 November 2019.
 
Dirinya menambahkan utang Bulog ini jumlahnya tak sedikit karena mencapai triliunan rupiah dengan bunga komersial. Padahal beras yang menjadi CBP tidak bisa dijualbelikan secara bebas tanpa ada penugasan, sehingga tidak ada keuntungan di dalamnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Maka Bulog harus menjaga kualitas beras. Sehingga mulai ditertibkan bagaimana sistem penyimpanan yang baik, bagaimana membuat gudang yang mumpuni. Termasuk regulasi yang saya tempuh dan pemahaman karyawan-karyawan saya untuk CBP-nya," ungkapnya.
 
Saat ini stok beras CBP tercatat sebesar 2,3 juta ton, yang terdiri dari sisa impor tahun lalu mencapai 900 ribu ton. Menurut Buwas sulit bagi Bulog untuk melepas beras CBP ini, padahal pihaknya membutuhkan dana untuk membayar utang hingga membayar biaya operasional.
 
Asisten Deputi Usaha Industri Agro dan Farmasi II Kementerian BUMN Agus Suharyono membenarkan kabar utang yang menjerat Bulog. Menurutnya, harus ada peran pemerintah untuk ikut terlibat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh Bulog.
 
"Bunga itu catatan kami hampir Rp10 miliar, satu hari. Beliau (Buwas) juga harus menyiapkan 4.000 karyawan yang tiap hari membutuhkan Rp6 miliar. Itu akan selesai kalau ruang-ruang kosong regulasi itu bisa diisi," ujar dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif