Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti (kiri) di Istana Wakil Presiden Jakarta. Foto: Wahyu Putro/Antara
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti (kiri) di Istana Wakil Presiden Jakarta. Foto: Wahyu Putro/Antara

JK Ingin Ekspor ke Argentina Ditingkatkan

Ekonomi neraca perdagangan indonesia ekspor-impor
Achmad Zulfikar Fazli • 07 Mei 2019 14:57
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ingin pemerintah meningkatkan ekspor ke Argentina untuk memperbaiki neraca perdagang Indonesia. Selama ini neraca perdagangan Indonesia dengan Argentina selalu defisit karena impor terus berjalan.
 
"Kita masih devisit yang besar karena kita masih membeli hasil hasil pertanian dari Argentina, sehingga ini kita perlu kerja sama yang lebih baik lagi (meningkatkan ekspor)," ujar JK dalam pernyataan pers bersama Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan, nilai perdagangan Indonesia dengan Argentina mencapai USD1,67 miliar, dengan nilai ekspor sebesar USD238 juta dan impor USD1,15 miliar. Sementara itu, defisit neraca perdagangan pada 2018 mencapai USD1,20 miliar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


JK menyampaikan peningkatan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Argentina segera ditindaklanjuti di tingkat menteri.
 
Sementara itu, Michetti mengatakan implementasi dari kerja sama ini harus berjalan dengan baik. Dia tak ingin kerja sama yang sudah ditandatangani tidak direalisasikan.
 
"Perjanjian yang ditandatangani itu penting sebagai sebuah instrumen, tapi yang penting lagi ialah implementasinya bagaimana kita bisa bekerja dengan jadwal, atau timeline menemukan cara kerja sama untuk merealisasikan apa yang diperjanjikan atau ditandatangani juga mencapai hasil yang optimal," ucap dia.
 
Di sisi lain, Michetti mengakui banyak pengusaha dari negaranya yang ingin berinvestasi di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Argentina, kata Michetti, unggul di bidang agro indutsri, pangan serta infrastruktur. Namun, hingga kini belum ada pembicaraan secara spesifik mengenai investasi tersebut.
 
"Jadi, Argentina bisa tertarik juga untuk kerja sama di bidang pembangunan sektor publik maupun sektor swasta di bidang infrastruktur," ujar dia.
 

(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif