Pertemuan Tahunan IMF-WB, Menteri Kehabisan Kamar Hotel

Desi Angriani 20 Juli 2018 08:30 WIB
ekonomi indonesiaimf-world bank
Pertemuan Tahunan IMF-WB, Menteri Kehabisan Kamar Hotel
Suasana ketika Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan panitia Pertemuan IMF-World Bank lainnya berkunjung ke Metro TV (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Jakarta: Ribuan kamar hotel di kawasan Nusa Dua, Bali, sudah dipesan oleh 50 ribu delegasi dari 189 negara yang akan hadir dalam Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan Word Bank (WB) pada Oktober 2018. Akibatnya, sejumlah menteri Kabinet Kerja kehabisan kamar hotel.

Pengurus Harian Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 Susiwijono mengatakan para delegasi untuk pertemuan IMF-World Bank sudah melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari sehingga seluruh kamar hotel di Nusa Dua, Bali, penuh.

"Menteri kehabisan kamar karena enggak nyangka akan secepat itu dipesan," ujar Susiwijono saat melakukan Media Visit ke Metro TV, Kedoya, Jakarta, Kamis, 19 Juli 2018.

Sejumlah menteri tersebut antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Rencananya, kata Susiwijono, menteri yang kehabisan kamar akan ditempatkan di kamar panitia yang sudah dipesan sebelumnya.

"Banyak menteri lain yang tidak dapat kamar di Nusa Dua," imbuh dia.

Menurutnya kepanitiaan IMF-WB 2018 hanya mengatur kamar hotel bagi panitia yang berada di bawah Luhut Binsar Pandjaitan selaku Ketua Pertemuan Tahunan IMF-World Bank. Mereka antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Gubernur BI Perry Warjiyo, dan tiga anggota lainnya.

"Sebelumnya kami hanya menyediakan untuk tim panitia saja," tegasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, 50 ribu delegasi yang bakal hadir terdiri dari Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara, sektor privat, NGOs, akademisi, dan media akan hadir dan memeriahkan pertemuan tahunan tersebut.

Sementara 189 negara anggota IMF meliputi Indonesia, Amerika Serikat, Inggris Raya, Uni Eropa, Mesir, India, Pakistan Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, Lebanon, Turki, Somalia, Pantai Gading Kamerun, Kenya, Uni Emirat Arab, Yordania, Israel, Mongolia, Vanuatu, dan lainnya.

Adapun pertemuan tersebut terdiri dari beberapa agenda yang meliputi IMF-WB Plenary Session, International Monetary and Financial Committee (IMFC) Meeting, World Bank Development Committee, Pertemuan Grup Kerja Sama Ekonomi Lainnya (G-20, G-24, MENA, Commonwealth, BRICS, IIF, WEF), pertemuan sektor perbankan dan riil lainnya, seminar dan international conference serta konferensi pers.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id