Survei BI: Penjualan Eceran Juli Meningkat
Bank Indonesia (BI). MI/Usman Iskandar.
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan pertumbuhan penjualan eceran mengalami peningkatan di Juli 2018. Hal tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan bank sentral. Peningkatan tercermin dari indeks penjualan riil (IPR) yang tercatat sebesar 2,9 persen (yoy) pada Juli 2018, meningkat dibandingkan dengan 2,3 persen (yoy) pada Juni 2018.

Dari hasil survei yang dipublikasikan di laman resmi BI, Senin, 10 September 2018 dikatakan berdasarkan kelompok komoditas meningkatnya penjualan eceran terutama didorong kinerja penjualan kelompok komoditas sandang  yang tercatat tumbuh 13,0 persen (yoy) atau lebih tinggi dibandingkan -11,2 persen (yoy) pada Juni 2018 dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor yang tumbuh sebesar 15,4 persen (yoy) lebih tinggi dari 10,7 persen (yoy) pertumbuhan bulan sebelumnya.

Penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh stabil pada Agustus 2018. Hal itu tercemin dari IPR yang diprakirakan tumbuh sebesar 2,8 persen (yoy) atau relatif stabil dibandingkan dengan 2,9 persen (yoy) pada Juli 2018.  Pertumbuhan tersebut ditopang oleh penjualan pada kelompok sandang, perlengkapan rumah tangga lainnya, serta barang budaya dan rekreasi.

Pertumbuhan tertinggi tercatat pada kelompok komoditas sandang yang tumbuh 21,6 persen (yoy), meningkat dibandingkan 13,0 persen (yoy) pada Juli 2018. Serta didukung oleh penjualan kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya dan kelompok barang budaya dan rekreasi yang masing-masing diperkirakan tumbuh 8,0 persen (yoy) dan 7,6 persen (yoy), meningkat dari 5,3 persen (yoy) dan 5,6 persen.

Hasil survei mengindikasikan peningkatan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Oktober 2018).  Indikasi tersebut tercermin dari kenaikan Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang menjadi sebesar 140,2 dibandingkan dengan 135,8 pada bulan sebelumnya.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id