KBRI Singapura Promosikan Pariwisata Bintan ke Diplomat Asing

25 November 2018 13:43 WIB
KBRI Singapura Promosikan Pariwisata Bintan ke Diplomat Asing
Illustrasi. Dok : istimewa.
Jakarta: KBRI Singapura bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI memperkenalkan Bintan ke 12 duta besar dari negara-negara sahabat yang berkedudukan di Singapura dan Jakarta.

"Kegiatan yang digelar adalah Ambassadors' Familiarisation Trip to Bintan & Batam yang dilaksanakan di Bintan Lagoon Resort, Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau," ujar Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya dikutip dari Antara, Minggu, 25 November 2018.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 12 Duta Besar dari negara-negara sahabat yang berkedudukan di Singapura dan Jakarta, investor, maupun pelaku usaha. Upaya tersebut, lanjut dia, dilakukan untuk mewujudkan target 20 juta wisman ke Indonesia.
 
Dubes Ngurah mengatakan Bintan memiliki banyak destinasi dan atraksi wisata, termasuk lapangan golf. Di samping itu, Bintan juga dekat dengan Singapura. Dipilihnya Bintan karena kedekatan lokasinya dengan Singapura sebagai hub internasional.

"Memperkenalkan destinasi ini ke kalangan diplomatik diharapkan dapat disebarkan ke masyarakat pengusaha negara yang diwakii para Dubes untuk menyampaikan potensi wisata dan investasi di Bintan," kata dia.

Dalam kerja sama bilateral dengan Singapura, Bintan termasuk salah satu destinasi dalam pengembangan Twinning Destination yakni memanfaatkan wisatawan asing dari berbagai negara yang ke Singapura mengunjungi Bintan.

Salah satunya adalah  wisata kapal pesiar yang sudah mulai mengunjungi Bintan sejak dua bulan terakhir. Dari Jakarta, Bintan menjadi alternatif destinasi baru yang bisa dikunjungi.

"Di samping wisata kapal pesiar, pengembangan paket wisata hot deals dan cross-border tourism juga menjadi tujuan yang gencar dipromosikan Kementerian Pariwisata melalui kantor perwakilannya di Singapura, atau Visit Indonesia Tourism Office/Wonderful Indonesia Tourism Office," ujar dia.

Sampai saat ini Singapura masih menjadi salah satu pengunjung terbesar wisatawan asing ke Indonesia. "Di samping itu, selama lima tahun berturut-turut investasi asing asal Singapura juga menduduki posisi tertinggi," kata Dubes Ngurah.

Hingga bulan September 2018, nilai investasi dari Singapura tercatat sebesar USD6,7 miliar atau naik 10 persen dibandingkan periode yang sama di 2017. Sementara kunjungan wisman asal Singapura juga mengalami peningkatan sebesar 9,8 persen menjadi 1,78 juta wisman.

Dubes Ngurah yakin dengan adanya kerja sama yang baik antara instansi pemerintah akan memperkuat kepercayaan investor maupun pelaku usaha Singapura untuk terus menanamkan modal di Indonesia.

"Upaya tersebut juga meningkatkan kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia. Saya optimis target 20 juta wisman dapat tercapai," kata Dubes Ngurah.

(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id