Illustrasi. MI/PIUS ERLANGGA.
Illustrasi. MI/PIUS ERLANGGA.

Anggaran THR dan Gaji ke-13 PNS Naik Tipis di 2020

Ekonomi pns
Eko Nordiansyah • 20 Agustus 2019 16:42
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut anggaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan sedikit meningkat. Hal ini memperhitungkan kenaikan gaji para PNS yang diberikan pemerintah pada tahun ini.
 
"Intinya kalau (anggaran) naik dia sudah basis naik 2019, sebab 2019 itu naikknya berlaku sejak Januari, nah 2020 sudah menggunakan basis itu," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kemenkeu Askolani ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2019.
 
Dirinya menjelaskan anggaran tahun ini belum memperhitungkan kenaikan yang sudah terjadi selama setahun. Sedangkan untuk 2020, pemerintah telah memasukan komponen tambahan gaji bagi pegawai baru, perbaikan birokrasi, dan reformasi Kementerian/Lembaga (KL).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nah itu bedanya di 2020 yang sudah mulai ditampung sejak Januari. Nah semua sudah full jadi kan perubahannya hanya itu dan itu enggak banyak jadi anggarannya tidak jauh dari 2019," jelas dia.
 
Tahun ini pemerintah menganggarkan Rp20 triliun, terdiri dari THR bagi PNS, prajurit TNI, anggota Polri sebesar Rp11,4 triliun dan penerima pensiun atau tunjangan sebesar Rp7,6 triliun. Sedangkan gaji ke-13 dianggarkan sebesar Rp20 triliun, namun realisasinya hanya Rp18,8 triliun di tahun ini.
 
Untuk tahun depan, pencairan THR diperkirakan akan dilakukan di Mei sesuai dengan jadwal hari raya Idulfitri yang berubah setiap tahunnya. Sedangkan pencairan gaji ke-13 biasanya akan dicairkan pada awal Juli sesuai jadwal dimulainya tahun ajaran baru sekolah.
 
"Ya sama (skema pencairan THR dan gaji ke-13 tahun depan). Dijaga tetap. Bapak/ibu PNS tenang saja dijamin, pensiunan pun dijaga juga," pungkasnya.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif