Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. ANT/Puspa Perwitasari.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. ANT/Puspa Perwitasari.

Mentan Rumuskan Formula Tingkatkan Produktivitas Petani

Ekonomi pertanian
Fachri Audhia Hafiez • 10 November 2019 19:17
Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sedang merumuskan formula untuk meningkatkan produktivitas petani. Penggunaan teknologi mutakhir tak bisa dihindari untuk mendukung formula itu.
 
"Tentu saja membuat pertanian yang esok lebih punya produktivitas tinggi harus punya cara-cara baru, seperti negara lain yang sudah berhasil. Bahkan dengan penggunaan sains, riset dan mekanisasi," ujar Syahrul dalam pemaparannya di Kongres ke-2 Partai NasDem, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu, 10 November 2019.
 
Kementerian Pertanian sedang menggagas pengendalian data di sektor pertanian. Data itu akan memuat luasan lahan dan total produksi petani di seluruh Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Data itu diharapkan membuat program dan kebijakan pemerintah lebih tepat sasaran di sektor pertanian. Terutama program distribusi pangan.
 
"(Data) jadi komando yang bisa distrategikan dan tidak hanya diakses oleh Mentan. Bisa diakses oleh lain, seperti Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan boleh mengaksesnya," ujar Syahrul.
 
Kementerian Pertanian juga akan memberikan pelatihan kepada petani agar cakap mengolah lahan. Petani harus awas terhadap perkembangan teknologi. Sehingga, kesejahteraan petani membaik karena peningkatan jumlah produksi.
 
"Kita harap langkah pertanian bisa komprehensif bisa jadi gerakan bersama," ujar Syahrul.

 

(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif