Bupati Trenggalek Emil Elastianto Dardak. (FOTO: ANTARA/Aprilio Akbar)
Bupati Trenggalek Emil Elastianto Dardak. (FOTO: ANTARA/Aprilio Akbar)

Bupati Trenggalek Harap Pemindahan Ibu Kota Telah Dikaji Mendalam

Ekonomi pemindahan ibukota bappenas
Suci Sedya Utami • 14 Desember 2017 16:31
Jakarta: Bupati Trenggalek Emil Elastianto Dardak setuju dengan rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta. Pemindahan ibu kota akan mendorong kekuatan ekonomi baru yang tidak haya terkonsentrasi di daerah Jawa.

Namun demikian, Emil berpendapat pemindahan ibu kota harus dilakukan dengan kajian yang mendalam. Sebab, ibu kota menjadi salah satu ikon penentu daya saing ekonomi.

"Kita sedang dalam kondisi ekonomi strugling. Kalau dipindahkan langsung, akan menjadi tantangan berat. Jadi saya melihat ini (kajian) bagus, jangan langsung diputuskan," kata Emil ditemui di Energy Building, Jakarta Selatan, Kamis, 14 Desember 2017.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Hasil Kajian Pemindahan Ibu Kota Keluar Akhir Desember Putra dari mantan Wakil Menteri PU-PR Hermanto Dardak ini malah mengimbau agar publik ikut serta dalam kajian tersebut. Publik harus tahu alasan yang mendasari pemindahan tersebut dan juga ikut memberikan pandangan.

"Harus dipaparkan, diperdebatkan asumsinya juga oleh para pakar. Saya rasa ini bukan perjalanan singkat, akan benar-benar dikaji dengan matang," jelas dia.

Sebelumnya, Kementerian ‎Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan kajian pemindahan Ibu Kota Indonesia bakal rampung pada akhir Desember di tahun ini. Setelah itu hasil kajian ini akan dilaporkan langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Akhir Desember selesai, dan baru lapor Presiden yang sekarang hampir selesai," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro.

 


(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi