Pengguna akan Bisa Ajukan Kredit via T-Cash
Ilustrasi. (Foto: Antara/Dedhez Anggara).
Jakarta: Pengguna layanan pembayaran online T-Cash akan bisa mengajukan kredit dan asuransi melalui aplikasi tersebut. Layanan milik Telkomsel ini akan menyalurkan kredit dari bank yang telah bekerja sama untuk penyaluran kredit melalui platform digital.

"Tahun ini pemberian pinjaman melalui T-Cash tapi produknya dari perbankan, saya hanya agen platform. Tahun ini pilot, kami sedang ngomong dengan perbankan," kata CEO T-Cash Danu Wicaksana di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Februari 2018.

Dirinya menambahkan, sejauh ini sudah ada beberapa bank yang menyatakan minatnya untuk bergabung. Namun hingga saat ini pihaknya belum memutuskan akan bekerja sama dengan bank yang mana, karena tergantung kecepatan negosiasinya.

Menurut dia, kerja sama ini akan menguntungkan bagi perbankan karena tidak perlu menyediakan platform dan tenaga pemasar sendiri. Sedangkan untuk mencegah risiko kredit bermasalah atau non performing loan (NPL), bank bisa memanfaatkan data pengguna T-Cash namun dengan tetap menjaga privasi nasabah.

"Jadi hubungan penerima pinjaman tetap dengan bank, tapi aplikasinya bisa melalui T-Cash dan urusan cicil-menyicil juga bisa lewat T-Cash. Bank-bank bisa memanfaatkan data dari perusahaan telekomunikasi dengan melihat frekuensi teleponnya, penggunaan pulsanya, lokasinya," jelas dia.

Sementara untuk plafon pembiayaannya, T-Cash hanya bisa melayani untuk pinjaman sampai dengan Rp10 juta. Pasalnya, batas tersebut sama dengan batas maksimal saldo yang ada di instrumen uang elektronik berbasis server yakni sebesar Rp10 juta.

Untuk perizinannya, Danu mengaku telah mengajukan proposal kepada Bank Indonesia (BI). Sejauh ini respons yang didapat cukup baik karena rencana tersebut sejalan dengan program inklusi keuangan (financial inclusion) serta mendorong gerakan nasional nontunai (GNNT) milik bank sentral.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id