Model berfoto di samping miniatur kereta cepat Jakarta-Bandung (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Model berfoto di samping miniatur kereta cepat Jakarta-Bandung (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Pemerintah Masih Optimistis Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terealisasi

Ekonomi kereta cepat
Eko Nordiansyah • 28 April 2018 05:26
Jakarta: Pemerintah melalui Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) kembali menegaskan keyakinannya atau optimistis proyek kereta cepat Jakarta-Bandung bisa terealisasi. Apalagi kereta cepat Jakarta-Bandung masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).
 
Ketua Tim Pelaksana KPPIP Wahyu Utomo mengakui proses pembebasan lahan yang belum rampung menjadi kendala utama. Untuk itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) diharapkan bisa segera menyelesaikan masalah pembebasan lahan.
 
"Kita masih upaya terus, masalah tanah sama teman-teman BPN itu beresin (pembebasan) tanah. Tapi kalau saya lihat sih kita masih optimis lah," kata dia, di Gedung Kementerian Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 27 April 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan pembangunan kereta cepat sudah seharusnya dilakukan demi membangun kota metropolitan antara Jakarta dan Bandung. Selain itu, sudah saatnya Indonesia memiliki transportasi massal dengan kecepatan tertentu untuk mendukung perekonomian.
 

 
"Karena ini sudah perintah juga dan menurut saya ini sudah strategis untuk menyiapkan metropolitan Jakarta dan juga Bandung. Di negara-negara lain itu memang sudah saatnya lah menurut saya. Kita harus mempunyai mass transportation yang cepat juga," jelas dia.
 
Selain kereta cepat Jakarta-Bandung, ada 222 proyek strategis nasional ditambah tiga program tambahan yang nilainya lebih dari Rp4.100 triliun. Sebanyak 74 proyek merupakan pembangunan infrastruktur jalan, sisanya ada bendungan, kawasan ekonomi khusus, pelabuhan, bandara, irigasi, pendidikan, dan program agraria.
 
Berdasarkan Perpres Nomor 58/2017 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN, terdapat 245 proyek plus 2 program tambahan. Sayangnya ada 14 proyek dicoret, lalu ada 10 proyek yang rampung, serta satu proyek tambahan dan satu program tambahan.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif