Transaksi Aplikasi e-Commerce Capai 58% di Asia Tenggara

Kautsar Widya Prabowo 26 April 2018 15:57 WIB
ecommerce
Transaksi Aplikasi <i>e-Commerce</i> Capai 58% di Asia Tenggara
General Manager Kawasan Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan Criteo Alban Villani
Jakarta: Perilaku masyarakat dalam bertransaksi elektronik atau e-commerce lebih banyak menggunakan aplikasi ketimbang media komputer dan website. Perilaku tersebut terjadi di kawasan Asia Tenggara dengan persentase 58 persen aplikasi, 29 persen komputer, dan 13 persen website.

Selain itu penjualan melalui aplikasi pada 2017 tercatat sebesar 46 persen, angka tersebut meningkat jika dibandingkan 2016 sebesar 31 persen. Artinya per tahun mengalami kenaikan 48 persen.

General Manager Kawasan Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan Criteo Alban Villani menjelaskan tingkat perubahan pada aplikasi belanja lebih tinggi lima kali daripada seluler.

"Mobile web empat persen sedangkan aplikasi 21 persen," ujarnya di Gedung Sentrajaya, Jakarta, Kamis, 26 April 2018.

Ia menambahkan peningkatan transaksi ekonomi dalam aplikasi, membuat aplikasi menjadi media yang cocok untuk beriklan. "Melalui aplikasi kita juga bisa menyasar segmen yang tepat," tambahnya.

Selain itu, hampir 50 persen negara di dunia telah menggunakan transaksi online. Di mana Negara Tiongkok berpotensi besar dalam transaksi menggunakan aplikasi. Sedangkan Amerika Latin justru kecil dalam transaksi aplikasi.

"Amerika Latin penetrasi smartphone kecil, karena baru mulai enam sampai tujuh tahun yang lalu," tuturnya.

Lebih lanjut, kata dia, dalam penggunaan sehari-hari transaksi aplikasi meningkat pada pukul 06.00 pagi hingga puncaknya pukul 09.00 atau 12.00. Untuk pukul 13.00 hingga 23.00 mengalami interaksi yang stabil. Jika dibandingkan dengan transaksi menggunakan komputer hampir sama namun pukul 12.00 menurun hingga pukul 23.00.

Sedangkan jika dilihat dalam satu minggu, transkasi aplikasi terus mengalami peningkatan dari Senin hingga Kamis dan menurun di Jumat, namun kembali meningkat pada Sabtu dan Minggu. Seperti halnya dengan transaksi via komputer mengalami penurunan pada Kamis hingga Minggu.

Adapun hasil tersebut diperoleh Criteo sebagai perusahaan teknologi pemasaran dengan 28 juta transaksi pembelian travel melalui komputer dan perangkat mobile yang berasal dari 57 pemasang iklan utama di seluruh kawasan Asia Tenggara.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id