Erick Thohir. Foto : Medcom/Husen M.
Erick Thohir. Foto : Medcom/Husen M.

Calon Menteri BUMN, Pengalaman Leadership Erick Thohir tak Diragukan

Ekonomi bumn Kabinet Jokowi-Maruf ekonomi indonesia
Suci Sedya Utami • 22 Oktober 2019 20:44
Jakarta: Erick Thohir dikabarkan akan menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Erick telah dipanggil dan menghadap Presiden Joko Widodo kemarin.
 
Isu dipilihnya Erick menjadi Menteri BUMN pun mendapat tanggapan positif dari berbagai kalangan, tidak terkecuali dari sektor ekonomi. Pengamat ekonomi yang juga mantan Direktur Eksekutif Indef Enny Sri Hartati memandang Erick merupakan sosok yang tepat menjabat posisi tersebut.
 
Enny pun tidak meragukan jiwa kepemimpinan (leadership) Erick. Ia mengatakan Erick memiliki pengalaman yang luas dalam memimpin berbagai organisasi. Pertama Erick menjabat sebagai petinggi di berbagai perusahaan swasta.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erik menjabat sebagai Direktur Utama PT Intermedia Capital Tbk, induk dari PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV). Selain itu, Erick juga menjabat sebagai Presiden Direktur Cakrawala Andalas Televisi dan Komisaris PT Asia Global Media, Komisaris Utama PT Redal Semesta, Komisaris PT Beyond Media, Komisaris Utama PT Mahaka Media Tbk (ABBA), Komisaris Utama PT Entertainment Live, Direktur PT Trinugraha Thohir Media Partners, dan Presiden komisaris di PT Mahaka Radio Integra Tbk. (MARI).
 
"Pak Erick punya latar belakang dalam mengelola berbagai macam usaha," kata Enny ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Oktober 2019.
 
Kedua, kepemimpinan Erick juga bisa dilihat manakala diberi tugas menjadi Ketua Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc). Enny mengatakan menjadi Ketua Inasgoc berarti Erick harus mengkombinasikan dan mengelola sumber pembiayaan yang berasal dari keuangan negara dan juga mengelola vendor yang berasal dari swasta. Hal tersebut telah teruji di tangan Erick sehingga menghasilkan kesuksesan Asian Games 2018.
 
Ketiga, Erick juga dipercaya menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Enny bilang menjadi ketua tim kampanye berarti harus bisa mengakomodasi berbagai macam kepentingan politik.
 
Dia bilang untuk menjaga keharmonisan di TKN, yang terdiri dari berbagai kelompok, maka harus benar-benar memiliki jiwa kepemimpinan yang bisa diterima semua pihak. Dalam kata lain bisa mengkomodir berbagai kepentingan tanpa memihak serta memiliki integritas.
 
"Artinya menunjukkan beberapa kemampuan leadership-nya. Menurut saya itu salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh yang nanti mampu mengkoordinasikan BUMN," ujar Enny.
 
Enny juga berharap agar Erick mampu memperbaiki tata kelola BUMN ke depan. Sebab BUMN merupakan kementerian yang sangat strategis, namun selama ini belum memiliki satu arah yang jelas dalam pengelolaannya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif