Direktur Utama BTN Maryono (kedua dari kanan). (FOTO: dok BTN)
Direktur Utama BTN Maryono (kedua dari kanan). (FOTO: dok BTN)

Ekonomi Bengkulu Siap Menggeliat

Ekonomi btn ekonomi daerah
Ade Hapsari Lestarini • 19 Agustus 2019 07:06
Bengkulu: PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap mendorong pertumbuhan ekonomi di Bengkulu agar terus menggeliat. Salah satunya melalui pengembangan sentra-sentra ekonomi agar masyarakat makin sejahtera.
 
"Kita melihat Bengkulu daerah yang penuh dengan sejarah, subur, meski masih banyak yang belum diproduktifkan. Hal ini karena letak demografinya yang agak berbeda. Maka pembangunan infrastruktur itu penting," kata Direktur Utama BTN Maryono di sela-sela pemberian bantuan saluran air bersih dan pembangunan fasilitas MCK di Bengkulu, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Senin 19 Agustus 2019.
 
Menurut Maryono, pembangunan Bengkulu yang masih tertinggal dengan daerah lainnya karena berjauhan dengan infrastruktur. Misalnya Trans Sumatera, kemudian jalan tol. Melihat hal tersebut, maka BUMN punya pemikiran untuk mendorong pembangunan agar bisa mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah lainnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita buat sentra-sentra yang produktif, kita buat sementara fasilitas penunjang, maka sebagai bagian dari BUMN, BTN memberikan fasilitas-fasilitas kepada masyarakat seperti air bersih dan MCK," jelas dia.
 
Langkah ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat bisa lebih produktif, sehingga masyarakat tidak kehilangan waktu untuk mencari air, karena adanya fasilitas air bersih dan MCK. "Waktu masyarakat bisa lebih efektif digunakan untuk bekerja, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraannya," jelas Maryono.
 
Tahap kedua, tambah Maryono, BTN akan memberikan masukan agar masyarakat bisa memproduktifkan tanah-tanah yang dimiliki misalnya tanaman apa yang dapat dikembangkan. "Ini perlu adanya suatu pembinaan-pembinaan," ujarnya.
 
Selain itu, BTN juga melihat Bengkulu bisa disentuh dengan program sejuta rumah, salah satunya dengan KPR Mikro. Perseroan melihat kekurangan perumahan atau backlog itu betul-betul luar biasa besar dan harus bisa diatasi."Saya melihat perekonomian di Bengkulu masih bisa ditingkatkan dan kita bisa bantu perumahannya," paparnya.
 
BUMN untuk Negeri
 
Pada kesempatan yang sama, BTN bersama BUMN lainnya akan membangun monumen Pahlawan Fatmawati di kota Bengkulu. Keberadaan pembangunan monumen itu sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Bengkulu mengingat Fatmawati adalah termasuk pahlawan yang berasal dari daerah tersebut.
 
"Ini menjadi momen yang sangat penting dan strategis, kami hadir bersama BUMN lainnya sebagai program BUMN Hadir untuk Negeri bertepatan dengan HUT ke-74 RI," papar Maryono.
 
Adapun monumen ini dibuat oleh Nyoman Nuarta, salah satu pematung ternama di Indonesia. Menurut rencana patung berbahan dasar tembaga dan kuningan ini dibangun dengan total tinggi mencapai tujuh meter yang menggambarkan Fatmawati sedang menjahit bendera pusaka merah putih.
 
"Patung itu merefleksikan perjuangan Fatmawati yang telah ikut mengisi kemerdekaan RI. Walaupun tidak sebanding dengan apa yang dilakukan Fatmawati pada saat itu, masyarakat khususnya di wilayah Bengkulu dapat menjadikan beliau sebagai suri tauladan," tegasnya.
 
Di sisi lain perseroan juga memberikan bantuan CSR yang diserahkan kepada pemerintah Provinsi Bengkulu dengan total nilai mencapai Rp1,8 miliar.Bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk membantu masyarakat Bengkulu terkait kegiatan elektrifikasi, MCK, air bersih, sembako, beasiswa, dan perbaikan rumah warga.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif