Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Syarat Pengajuan Kredit Bakal Dipermudah

Ekonomi ojk kredit
Eko Nordiansyah • 19 Februari 2019 22:14
Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mempermudah pengajuan kredit. Khususnya untuk para pengusaha yang akan mengajukan kredit ke bank.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan masih ada bank yang meminta Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) sebagai syarat. Padahal saat ini pengusaha hanya mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB).
 
"Sekarang di bank bilang masih ada urusan TDP, kan pusing kita, orang kita sudah tidak ada TDP. Itu kita tahu karena para pengusaha bilang masih ada yang minta TDP," kata dia di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh karena itu, pemerintah akan meminta OJK menyesuaikan aturan yang ada dengan sistem Online Single Submission (OSS). Dalam sistem OSS, pengusaha mendapatkan NIB sebagai ganti dari SIUP dan TDP.
 
"Kan kita sudah punya OSS, kemudian kita sudah mengubah bahwa sekarang tidak ada SIUP, TDP. Nah aturan OJK itu masih, jadi supaya disinkronkan saja," jelas dia.
 
Darmin menambahkan OJK merespons tak masalah untuk segera menyingkronkan aturan yang ada dengan sistem OSS. OJK bahkan berjanji dalam waktu seminggu sinkronisasi ini diharapkan bisa diselesaikan.
 
"Ini hanya sinkronkan saja, artinya buat OJK nanti tidak ada masalah, tidak lama, hanya dia belum pernah sinkronkan. Itu mereka bilang cepat sekali katanya, seminggu juga selesai katanya," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif