Kepala Departemen Pengembangan UMKM BI Yunita Resmi Sari di Surabaya, Rabu 12 Desember 2018. Medcom/Eko Nordiansyah.
Kepala Departemen Pengembangan UMKM BI Yunita Resmi Sari di Surabaya, Rabu 12 Desember 2018. Medcom/Eko Nordiansyah.

Gelaran ISEF, Pengusaha Raih Kesepakatan Bisnis Rp5,1 Triliun

Ekonomi bisnis
Eko Nordiansyah • 12 Desember 2018 19:21
Surabaya: Bank Indonesia (BI) menyebut telah ada kesepakatan bisnis (business matching) senilai Rp5,1 triliun antar pelaku usaha syariah. Kesepakatan bisnis dicapai selama gelaran Festival Syariah (Fesyar) di tiga daerah hingga puncak acara di Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 di Surabaya.
 
"Alhamdulillah dari penjajakan selama ini sudah dapat mencapai Rp5,1 triliun. Itu suatu gabungan dari kesepakatan business matching," kata Kepala Departemen Pengembangan UMKM BI Yunita Resmi Sari di Surabaya, Rabu 12 Desember 2018.
 
Dirinya menambahkan, kesepakatan tidak hanya diwujudkan dengan pembiayaan syariah dari perbankan saja, tetapi ada juga kesepakatan dagang dengan pembeli dari luar negeri. Selain itu ada pula bantuan dari korporasi untuk mendukung UMKM dari pelaku ekonomi syariah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada dari Prisma Grup ke pondok pesantren Al-Anwar untuk konveksi. Di situ pesantren sebagai pelaku dari ekonomi syariah, jadi santrinya kita didik berwirausaha. Jadi wirausahawan yang tangguh dan pesantrennya jadi pesantren yang mandiri," jelas dia.
 
Dalam ISEF 2018, bank sentral memang memfasilitasi para pelaku ekonomi syariah mulai dari pondok pesantren hingga pelaku UMKM. Mereka diberi wadah untuk saling bertemu baik dengan lembaga keuangan syariah, calon investor, maupun regulator terkait.
 
"Di expo itu suatu perwujudan halal supply chain, ada booth mengenai pesantren. Mereka ini pelaku ekonomi syariah yang potensial, karena mereka juga memproduksi. Ada UMKM, kemudian ada regulator dan lembaga pendukung lainnya," pungkasnya.
 


 

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif