Infrastruktur. Dok : AFP.
Infrastruktur. Dok : AFP.

Butuh SDM Mumpuni untuk Genjot Infrastruktur

Ekonomi infrastruktur
Cahya Mulyana • 09 Desember 2018 22:45
Jakarta: Mantan Menteri Keuangan M Chatib Basri menilai sektor manufaktur menjadi tulang punggung ekonomi dan mengurangi ketergantungan ekspor dari Sumber Daya Alam (SDA). Namun menggenjot sektor ini butuh kualitas pekerja yang tinggi serta menguasai teknologi.

"Indonesia perlu segera bergerak meningkatkan sektor manufaktur dari saat ini yang masih bertumpu pada ekspor komoditas yang lebih banyak berasal dari SDA. Jika terus berkutat pada SDA capaian ekonomi kita akan sulit menyentuh enam persen," terangnya pada diskusi perayaan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang di The Darmawangsa Hotel, Jakarta, Minggu, 9 Desember 2018.

Menurut dia, Indonesia tidak boleh lengah dan terlena kekayaan SDA di saat negara lain. Jika itu terjadi maka dalam 20 tahun ke depan hanya akan melihat  Amerika, Tiongkok dan Jepang makmur dengan produk domestik bruto (PDB) mencapai USD70-an ribu.
 
Padahal nasib serupa, kata dia, bisa dirasakan Indonesia yang juga berpotensi meraup untung dari bonus demografi dan kesempatan emas dari sektor manufaktur.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Juga sumber pertumbuhan ekonomi tidak boleh bergantung lagi pada APBN," tegasnya. Oleh sebab itu, ia menyarankan pemerintah supaya segera menggenjot industri manufaktur dan mengurangi ekspor bahan baku.  

"Solusinya memperbesar ruang industri manufaktur yang perlu ditunjang dengan juga SDM baik," pungkasnya.


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi